Dark/Light Mode

Penyaluran Terkendala Proses Administrasi

Warga Ibukota Ngarep Bansos Bisa Cepat Cair

Sabtu, 9 Januari 2021 07:47 WIB
Ilustrasi penyaluran Bansos Tunai. (Foto: ist)
Ilustrasi penyaluran Bansos Tunai. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Selain itu, dia menyarankan, Pemprov DKI ngebut membuat 1,1 juta rekening penerima ban­sos di Bank DKI. Diingatkannya, pendistribusian kartu ATM harus mematuhi protokol kesehatan. “Dengan adanya program ini, Bank DKI harus menambah jum­ lah mesin ATM atau menggratis­kan biaya tarik tunai dari ATM milik bank lain,” pintanya.

Wakil Gubernur (Wagub) DkI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan, BST dari Pemprov DKI Jakarta dan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahap pertama, akan cair bulan ini. “Sudah berproses dan berta­hap. Sudah harus cair bulan ini,” ungkap Riza di Balai kota DKI Jakarta, kemarin.

Bansos tunai yang diberikan Pemprov DKI akan disalurkan melalui rekening Bank DKI. Se­dangkan bansos dari kemensos didistribusikan melalui PT Pos Indonesia. Jumlah BST yang akan disalurkan ke penerima sebesar Rp 300 ribu per bulan. Dan, akan dibagikan selama 4 bulan sampai april 2021.

Baca juga : Kepatuhan Prokes Di Transportasi Udara Lebih Baik

“Nominalnya, pusat dan dae­rah sama. Tahap pertama dalam empat bulan ke depan, sudah akan mulai diberikan,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Menurutnya, kartu ATM Bank DKI milik penerima bansos, sebagian sudah tercetak. Kartu ATM akan dibagikan deng­an memanfaatkan bangunan sekolah-­sekolah terdekat untuk warga yang terdata sebagai pe­nerima BST.

Ditegaskannya, kartu ATM Bank tidak boleh dititipkan ke Ketua RT atau RW setempat “Pembagian harus langsung dari pihak bank dan penerima bansos. Sudah selesai kartunya dicetak, kemampuan kami men­cetak kartu juga cukup baik,” terang riza.

Baca juga : 83 Perusahaan Kepincut Proyek Integrasi Antarmoda Transportasi

Wagub menjelaskan, jumlah kepala keluarga (KK) yang mendapat BST dari DKI Jakarta sejumlah 1.242.096 KK, ditam­bah dengan BST dari pemerintah pusat sebanyak 750.000 KK. Totalnya 1.992.096 KK.

Jumlah penerima bansos terse­but mengalami pengurangan dari bansos sembako. Bansos sembako disalurkan kepada 2,4 juta KK di DKI Jakarta. Pengu­rangan terjadi karena banyak masyarakat terdampak Covid­-19, sudah mulai kerja kembali.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Jufraini memapar­kan, Pemprov bakal mendistri­busikan ATM Bank DKI kepada warga mulai bulan ini secara bertahap. Penerima bansos dari DKI diberikan kartu ATM dan buku sesuai standar layanan perbankan.

Baca juga : Pakai Teknologi GPS, Aplikasi Ini Bisa Cegah Penularan Covid-19

“Distribusi kartu ATM ban­sos tunai akan dilaksanakan mulai Januari 2021 di sekolah dasar menengah atas yang be­rada di bawah Dinas Pendidi­kan Provinsi DKI Jakarta,” paparnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.