Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kabarnya Sudah Didengar Politisi PAN

Reshuffle 812 Semakin Hot

Rabu, 1 Desember 2021 07:50 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. (Foto: Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Apakah sudah ada omongan reshuffle antara Jokowi dan Zulkifli Hasan? Ketua Fraksi PAN di DPR ini mengaku belum mengetahui. Tapi, terlepas ada atau tidak obrolan soal reshuffle itu, ia menegaskan partainya akan senang jika diajak berkontribusi membantu pemerintah dari dalam.

"Saya yakin kader kami mampu melaksanakan amanat yang diberikan Pak Jokowi. Dan tentu kami senang ikut gabung," ucapnya.

Berita Terkait : Kalbar Nyodok 3 Besar, 31 Provinsi Nihil Kematian Harian

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin juga memprediksi, reshuffle kemungkinan digelar pada Rabu Pon. Di akhir tahun ini, Rabu Pon tinggal satu kali lagi, yaitu pada 8 Desember 2021.

"Kelihatannya Jokowi sedang menunggu waktu baik versinya. Dan biasanya hari baik menurut keyakinan Jokowi itu di hari Rabu Pon," tuturnya.

Berita Terkait : KPK Bantah Ada Nuansa Politis Dalam Pengusutan Formula E

Bagaimana dengan parpol koalisi lain? Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengaku belum tahu info soal reshuffle. Dari pengalaman perombakan kabinet sebelumnya, kata dia, Jokowi jarang membicarakan reshuffle dari jauh-jauh. Bahkan kepada para pimpinan parpol. Kepastian soal reshuffle biasanya disampaikan Jokowi kepada parpol koalisi dua hari sebelum hari H.

"Itu pun terkait dengan dari partai politik yang bersangkutan. Kalau terkena reshuffle itu dari partai menteri dari partai A, ya partai B nggak diajak," kata Arsul.

Berita Terkait : Kelola Sampah Di Sungai, Pemkot Bekasi Kerahkan Perahu See Hamster

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali santai saja menanggapi isu reshuffle. Kata dia, Jokowi pasti tak akan sembarangan dalam melakukan reshuffle. Jokowi pasti menggunakan alat ukur untuk mengevaluasi menterinya, seperti kinerja, prestasi, dan kepuasan publik.

Karena alasan itu, kata dia, partainya tak khawatir kadernya akan kena reshuffle. Saat ini, ada 3 kader NasDem di kabinet. Mereka adalah Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Menurut Ali, tiga menteri NasDem itu memiliki kinerja baik dan punya prestasi. [BCG]