Dark/Light Mode

Pelaku Turun Di Stasiun Pekalongan

Bermodal CCTV, KAI Tangkap Pencuri Ransel Isi Laptop Dan HP Di KA Kaligung

Rabu, 13 Juli 2022 12:12 WIB
Ilustrasi Kereta Api Kaligung (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kereta Api Kaligung (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bersama Kepolisian berhasil menangkap pelaku pencurian dengan berbekal rekaman CCTV, dalam 2x24 jam. 

Begitu mendapatkan identitas pelaku, Polresta Pekalongan berhasil menangkap pencuri pada Selasa (12/7) pukul 17.00 WIB. 

Pelaku kini diamankan di Polresta Pekalongan, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Pencurian berupa sebuah tas ransel milik salah satu pelanggan KA Kaligung terjadi pada Minggu (10/7), keberangkatan pukul 05.00 WIB dari Stasiun Semarang Poncol menuju Stasiun Pemalang.

Baca juga : Peningkatan Produksi Jangan Cuma Jargon

Tas yang berisi 1 unit laptop, 1 unit smartphone, charger, flashdisk dan beberapa kunci tersebut dilaporkan hilang oleh korban ke kondektur, setelah KA Kaligung berhenti di Stasiun Pekalongan dan menuju stasiun berikutnya, yakni Stasiun Pemalang.

Petugas keamanan kereta kemudian meminta keterangan singkat kepada korban, untuk memastikan barang tersebut benar-benar hilang.

KAI menindaklanjuti kejadian tersebut dengan melapor ke Resmob Polda Jateng dan Resmob Polresta Pekalongan, setelah mengetahui hasil rekaman CCTV yang menunjukkan barang tersebut diambil oleh penumpang lain, yang turun di Stasiun Pekalongan.

KAI memohon maaf atas kasus pencurian yang terjadi di dalam KA Kaligung, relasi Semarang Poncol - Cirebon Prujakan.

Baca juga : Warga DKI Pilih Buang Sampah Di Jalan Dan Kali

Petugas akan segera melakukan tindakan tegas terhadap laporan yang diberikan.

KAI dipastikan bertindak proaktif, dalam menindak pelaku yang dapat merugikan pelanggan KA lainnya.

“KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan KA, untuk selalu memperhatikan barang bawaannya. Bila ada barang berharga yang dibawa, sebaiknya barang tersebut selalu diletakkan dekat penumpang. Misalnya, dipangku. Ini penting, agar barang tidak berpindah tangan,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.

Pelanggan KA yang melihat adanya tindakan atau gerak gerik mencurigakan dari penumpang, seperti berpindah-pindah tempat duduk, diimbau agar dapat segera melapor kepada petugas atau kondektur yang sedang berdinas, melalui nomor telepon yang tertera di ujung kabin kereta.

Baca juga : KPK Turun Tangan Bantu Usut Kelangkaan Migor Dan Bahan Pokok Lainnya

Selain itu, pelanggan juga dapat mengirim laporan ke Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

"KAI akan terus meningkatkan pelayanan selama dalam perjalanan, untuk terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pelanggan, selama dalam perjalanan menggunakan kereta api," tutup Kris. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.