Dark/Light Mode

Mejeng Di Pameran Otomotif IIMS 2023

Stop Politisasi Esemka!

Kamis, 23 Februari 2023 06:45 WIB
Pengunjung mengamati mobil Esemka Bima EV dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). (Foto: Antara).
Pengunjung mengamati mobil Esemka Bima EV dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Jika Esemka produk anak-anak bangsa segera bangun pabriknya, bangun show­room, websitenya sampai sekarang pun belum ada,” ungkapnya.

“Esemka memang barang ghoib. Kan baru sekarang aja ikut pameran. Di jalan juga nggak pernah lihat. Padahal ramai dari tahun 2014. Sudah 8 tahun baru non­gol lagi. Itu juga buatan negara lain, cuma ganti emblem doank,” tutur @fadilkur.

Akun @jagadmana mengungkapkan, Esemka tidak akan jadi komoditas politik jika Jokowi berbicara apa adanya. Kata dia, yang dikritisi adalah keberadaan Esemka yang diglorifikasi Jokowi dengan sesumbar menyebut Esemka bisa jadi mobnas. “Terlalu muluk-muluk sejak awal,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Dorong Produsen Mobil Bidik Pasar Ekspor

Sementara, @firzahusainInc menga­takan, mempolitisasi Esemka tidak ada untungnya sama sekali. Dia menyerukan untuk stop politisasi Esemka. Dia menga­takan, niatnya mendukung Esemka agar merk lokal berkibar. “Apalagi AHY juga sudah bilang jangan politisasi Esemka,” katanya.

Menurut @Babamovic, masalahnya isu Esemka sudah menjadi gorengan dan gimmick politik. Suka tidak suka, pasti akan ketarik ke kepentingan politik.

Akun @arifinsyarif13 mengatakan, merek Esemka harus terus didukung meskipun bukan pabrikan asli Indonesia. “Memang salah ya kalau mendukung anak-anak Esemka berkreasi demi bang­sa,” ujarnya.

Baca juga : Pesan Menag Di Rakernas: Jangan Korupsi Dan Cegah Politisasi Agama

Akun @ronisutanto.id mengatakan, Esemka mungkin baru mau menunjuk­kan sampel produk saja. Ke depan, kalau secara kalkulasi Esemka ting­gal body moulding dan lain-lainnya dialihteknologikan ke Indonesia.

“Kalau sudah pinter baru ngembangin model otentiknya sendiri. Setidaknya dukung aja lah niat positif anak bangsa,” katanya.

Akun airlive.id mengatakan, banyak kesalahan persepsi yang menyebut Esemka merupakan mobil nasional atau mobnas. Dan sebenarnya, Esemka meru­pakan merek lokal, namun bekerja sama dengan pabrikan otomotif Tiongkok.

Baca juga : Menpora: Peran PWI Penting Untuk Sosialisasi DBON

“Nope, Esemka tuh perusahaan swasta lokal. Nggak ada sangkut pautnya dengan mobnas,” katanya.

“Lah, kan bukannya sudah lama ya, kayak mobil ini memang ngerakitnya di sini tapi bahannya memang dari sana (China), sama seperti beli lego buatnya di luar ngerakitnya bisa di mana aja,” ujar @odd_kokori. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.