Dark/Light Mode

Ketahuan Terima Setoran Dari Perusahaan

Bos Bea Cukai Makassar Jadi Tersangka Korupsi

Selasa, 16 Mei 2023 07:30 WIB
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) usai menyampaikan klarifikasi soal perbedaan hartanya dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) usai menyampaikan klarifikasi soal perbedaan hartanya dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

 Sebelumnya 
“Kita sudah usulkan ke pimpinan untuk dilanjutkan ke proses berikut­nya (penyelidikan),” kata Deputi Bidang Pencegahan dan Monitor­ing KPK Pahala Nainggolan.

Pada tahap klarifikasi, Deputi Monitoring dan Pencegahan telah mengecek harta atau aset kekay­aan milik Andhi. Adapun obyek yang diklarifikasi meliputi harta kekayaannya yang tercantum dalam LHKPN. Lalu dibandingkan dengan informasi harta kekayaan yang tersebar di media sosial. Misalnya, mengenai rumah mewah yang diduga milik Andhi di Legenda Wisata Cibubur.

Usai diperiksa KPK, Andhi menandaskan telah menyampaikan klarifikasi atas hartanya secara lengkap kepada KPK. “Terima kasih kepada KPK yang telah mengklarifikasi semua berita yang ada, yang telah diberitakan oleh te­man-temannya media kepada saya ya,” ujarnya pada 13 Maret 2023

Baca juga : Anak Bos SNP Finance Jadi Tersangka Lagi

Andhi menyatakan selalu me­nyerahkan LHKPN tepat waktu setiap tahun. Soal rumah mewah di Legenda Wisata Cibubur, ia bilang bukan miliknya.

“Itu adalah rumah yang ditem­pati oleh orang tua saya sudah lama dan belum diberikan waris kepada saya, sehingga saya be­rada di situ adalah menjaga orang tua saya,” dalihnya

Andhi juga memberi klarifi­kasi soal putrinya yang kerap pamer kekayaan di media sosial. Andhi menjelaskan anaknya merupakan selebgram yang sering mendapat tawaran untuk mempromosikan produk.

Baca juga : Kejagung Copot Jaksa Nakal Pemeras Keluarga Tersangka Kasus Narkoba

“Putri saya sudah dewasa dan dia menekuni fashion dan seleb­gram. Jadi apabila ada foto-foto yang bersifat fashion, itu lumrah dan dia bisa menghidupi kehidu­pannya sendiri,” kata Andhi.

Andhi tercatat melaporkan harta kekayaannya pada 16 Februari 2022. Dalam LHKPN, ia mengaku punya harta senilai Rp13.753.365.726 dan tak ada utang.

Andhi mempunyai 15 bidang tanah dan bangunan yang terse­bar di Salatiga, Karimun, Batam, Bekasi, Jakarta Pusat, Bogor, Banyuasin, dan Cianjur. Nilai totalnya Rp6.989.727.200.

Baca juga : Brigjen Yus Tersangka Lagi

Berikutnya, punys sembilan mobil. Yakni sedan Fiat tahun 1974; Smart sedan tahun 2010; Toyota Corolla tahun 1966; Hon­da Brio tahun 2016; sedan Ford ta­hun 1966; sedan Chevrolet tahun 1956; sedan Austin tahun 1963; dan Toyota Jeep tahun 2019.

Andhi juga mencatatkan kepemilikan empat motor yaitu Hon­da keluaran 2006; Honda Beat 2010; dan dua unit Piagio Vespa tahun 1962. Total nilai aset bergerak ini Rp1.846.800.000.

Selanjutnya, Andhi mencatatkan kepemilikan harta bergerak lain senilai Rp706.500.000; kas dan setara kas Rp1.214.508.641. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.