Dark/Light Mode

Kemendikbudristek Komitmen Perkuat Ekosistem Sastra Nasional

Senin, 11 Desember 2023 16:01 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, dalam pembukaan Pentas Karya Komunitas Sastra di Teater Besar, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, dalam pembukaan Pentas Karya Komunitas Sastra di Teater Besar, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (11/12/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Pentas Karya Komunitas Sastra Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan 2023.

Mengusung tema "Sastra Perekat Kebhinekaan", acara ini dimeriahkan dengan pementasan mendongeng, pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dan teater oleh perwakilan komunitas sastra penerima bantuan dari 11 provinsi, serta penampilan beberapa maestro sastra nasional.

"Kemendikbudristek berkomitmen untuk membangun dan memperkuat ekosistem sastra. Tidak hanya melalui Badan Bahasa, tetapi juga melalui semua unit yang bisa kita gerakkan bersama untuk memperkuat bidang kesastraan ini sehingga, nantinya kita akan memiliki karya-karya sastra hebat dan juga sastrawan hebat di masa depan," tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, dalam pembukaan Pentas Karya Komunitas Sastra di Teater Besar, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Baca juga : Sumber Daya Alam Melimpah, Kemendikbudristek Pastikan Dukung Pembangunan Nasional

Program bantuan pemerintah penguatan sastra diharapkan dapat dapat meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pihak pemroduksi karya, penggerak sekaligus penguat dalam membangun kesastraan di tengah masyarakat, serta mengembangkan kesastraan dan meluaskan produk karyanya.

"Kami ingin bantuan yang kami berikan ini bisa menjadi pemantik, untuk membantu komunitas-komunitas sastra yang selama ini telah berkontribusi dalam menggiatkan sastra di wilayahnya masing-masing," ungkap Suharti.

Ketika berbicara tentang sastra, lanjut Suharti, Kemendikbudristek tidak hanya melibatkan para maestro atau sastrawan terkenal saja. Namun, juga mendorong pelibatan peserta didik dan kaum muda.

Baca juga : Industri Hulu Migas Masih Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

"Kami berharap dari wajah-wajah muda yang hadir saat ini akan muncul sastrawan-sastrawan masa depan," ungkapnya.

Pada Juli dan September 2023, Badan Bahasa melalui Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra telah mengumumkan 45 komunitas penerima bantuan pemerintah dari kategori bantuan fasilitas komunitas dan 5 komunitas untuk kategori penghargaan, serta penghargaan perorangan sebanyak 29 orang.

"Ada beberapa tokoh-tokoh pegiat sastra di daerah yang kita berikan apresiasi berdasarkan atas nominasi atau pencalonan dari komunitas dan orang-orang yang mengetahui betul kiprah mereka untuk memajukan sastra. Kita seleksi dan ada kuratornya," kata Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz.

Baca juga : Ekosistem Industri Panas Bumi Kudu Cepat Dibenahi

Kepala Badan Bahasa juga mengungkapkan bahwa Kemendikbudristek terus berupaya untuk meningkatkan cakupan penerima bantuan pemerintah agar lebih banyak komunitas sastra yang semakin berdaya dan semakin bisa menghadirkan dampak pada pengembangan bidang sastra dan literasi masyarakat, serta berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi di sekitarnya.

"Berdasarkan hasil evaluasi Bappenas dan Ditjen Anggaran atas efektivitas dari bantuan pemerintah berupa pemberdayaan komunitas sastra ini, maka tahun depan (2024) jumlah anggaran akan ditingkatkan," kata Amin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.