Dark/Light Mode

Jalan Panjang Doni Mencintai Alam Dan Komitmen Kuat Menjaga Kelestariannya

Sabtu, 27 Maret 2021 10:31 WIB
Jalan Panjang Doni Mencintai Alam Dan Komitmen Kuat Menjaga Kelestariannya

 Sebelumnya 
Doni pun melaporkan kepada Presiden Jokowi tentang bahaya merkuri, bila dibiarkan. Sebab limbah merkuri bermuara ke laut.

Ikan dan biota laut lainnya akan tercemar dan tentunya mengakibatkan mereka yang mengkonsumsi akan terganggu kesehatannya dalam jangka panjang.

Agustus 2017, atas permintaan Menteri LHK dan atas ijin Panglima TNI, Doni diundang mengikuti Rapat di Komisi VII DPR RI, yang membahas RUU pengesahan Minamata Convention on Mercury.

Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut menandatangani Konvensi Minamata pada 10 Oktober 2013 di Jepang, bersama 128 negara lainnya. Hanya saja, saat itu kita belum meratifikasinya.

Baca juga : Jangan Takut Divaksin, Sinovac Dan AstraZeneca Sama Baiknya

"Saya hadir sebagai satu-satunya perwira militer aktif, dan memberikan masukan dengan menyampaikan hasil penelitian yang kami lakukan, serta dampak penggunaan merkuri di masyarakat," beber Doni.

Akhirnya pada tanggal 13 September 2017, pemerintah Indonesia meratifikasi Konvensi Minamata melalui UU No. 11 tahun 2017 Tentang Pengesahan Minamata Convention on Mercury.

Ada kalimat “the hungry man becomes angry man”, artinya orang lapar akan mudah marah.

Itulah yang melatarbelakangi Doni menjalankan strategi penyelesaian konflik, melalui keseimbangan pendekatan kesejahteraan (prosperity approach) dan pendekatan keamanan (security approach). Karena masalah kesejahteraan dapat berdampak pada ketidakstabilan sosial dan keamanan.

Baca juga : Wakil Ketua KPK Minta Kepala Daerah di Kepri Konsisten Benahi Tata Kelola

"Inilah yang menjadi salah satu akar konflik berkepanjangan di Maluku," cetusnya.

Berbagai upaya rekonsiliasi dan deklarasi damai telah dilakukan. Namun, tidak lama setelah deklarasi damai, konflik kembali terjadi.

Program Emas Biru dan Emas Hijau merupakan upaya memangkas ketimpangan sosial, sehingga berhasil merajut kembali tali persaudaraan pela – gandong yang akhirnya melahirkan Emas Putih, yaitu kerukunan, perdamaian, dan toleransi.

"Program Emas Biru pernah ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi pada tanggal 9 Februari 2017. Di atas keramba jaring apung di Teluk Ambon, beliau bertanya, “untuk apa ini Pak Doni?” Saya jelaskan, keramba-keramba ini adalah “alat bagi kami” prajurit TNI untuk menyelesaikan konflik," papar Doni.

Baca juga : Jelang Tahun Ajaran Baru, Usia Anak Menjadi Polemik Tahunan

"Presiden pun mengatakan, “ini yang benar..”, sebanyak tiga kali," tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.