Dark/Light Mode

Mendadak YouTube

Sabtu, 16 Maret 2019 09:13 WIB
Ngopi - Mendadak YouTube
Catatan :
ADITYA NUGROHO

RM.id  Rakyat Merdeka - Asiapp. Anak muda zaman now pasti tahu kata itu. Ya, itu ciri khas dari YouTuber Atta Halilintar. YouTuber yang memiliki 12 juta subscribers ini sedang naik daun dan dikagumi banyak orang.

Dia berhasil menjadi salah satu YouTuber sukses. Pendapatannya dari media sosial yang berbasis video itu sangat tinggi. Tak heran banyak orang yang ingin menjadi Youtuber.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren YouTuber memang meningkat. Tak heran banyak ‘artis-artis’ baru yang bermunculan. Bahkan, teman-teman saya yang bisa meliput otomotif sekarang sudah banyak yang banting setir menjadi YouTuber.

Baca juga : Mendadak Lebih Akrab

Salah satu modal mereka adalah kedekatan ke pabrikan mobil dan motor. Alhasil, setiap ada mobil baru, mereka bisa mendapatkan info lebih dulu dan bisa langsung divideokan.

Meskipun pengikut atau subscribersnya baru ratusan ribu, namun sudah bisa menghidupi mereka setiap bulannya. Saya pun tertarik membuat konten YouTube.

Nah, singkat kata, pada acara test drive Toyota New Avanza akhir bulan lalu, para jurnalis ditantang menjadi YouTuber dengan mengabadikan kegiatan test drive.

Baca juga : Mendadak Caleg

Kebetulan saya satu kelompok dengan jurnalis Bisnis Indonesia dan Koran Sindo. Kami pun langsung berpikir keras membuat konten yang menarik. Pesaing kami juga berat-berat. Selain jurnalis ada juga YouTuber asli.

Namun, itu tak menyurutkan kami. Karena saya malu akting depan kamera, akhirnya saya pilih jadi kameramen aja. Sementara yang jadi artisnya jurnalis Koran Sindo. Sedangkan jurnalis Bisnis Indonesia jadi pigurannya.

Ternyata tidak mudah juga bikin video YouTube. Beberapa kali banyak bocornya. Harus diulang-ulang lagi. Akhirnya kita putuskan bikin natural aja. Jadi video yang gagal kita masukan buat lucu-lucuan.

Baca juga : Mulai Aja Dulu

Perjalanan test drive dari Yogyakarta ke Semarang kami videokan semuanya. Mulai dari Candi Borobudur sampai ke Masjid Jawa Tengah. Kami gabungkan semua video tadi melalui aplikasi gratisan, Splice.

Perjuangan kami tak sia-sia. Akhirnya, kami terpilih menjadi juara kedua. Ternyata perjuangan kami panas-panasan tak sia-sia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.