Dark/Light Mode

Bye-bye OJol

Senin, 6 Mei 2019 04:27 WIB
Ngopi - Bye-bye OJol
Catatan :
ESTI FITRIA WULANDARI

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenaikan tarif ojek online (ojol) sungguh menyusahkan saya. Dulu hati girang tiap kali mengorder ojol. Karena selalu terbayang berapa rupiah yang bisa saya tabung dari selisih tarif ojek pangkalan (opang).

Bayangkan saja, jika ada keperluan ke kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, dari kantor di Kebayoran Lama itu paling banter kena Rp 16 ribu. Beda jauh dengan opang.

Saya harus bayar Rp 35 ribu, itu juga setelah melalui tawar menawar yang sengit, pakai jurus pura-pura pergi segala dengan harapan tawaran saya diterima si opang.

Baca juga : Dag Dig Dug

Tapi dengan adanya uji coba kenaikan tarif per 1 Mei kemarin, tentu selisih harga yang bisa saya kantongi makin tipis. Tapi hitungannya masih untung sih, karena tetap ada selisih tarif dari opang.

Yang bikin nyesek itu, kalau naik ojol dalam jarak dekat. Dari rumah ke stasiun biasanya kena Rp 6-7 ribu untuk jarak kurang lebih 4 kilometer, sekarang Rp 9 ribu. Sedangkan dari stasiun ke kantor, biasanya Rp 8 ribu, ini naik jadi Rp 11 ribu.

Itu kejadiannya malah sebelum uji coba kenaikan tarif, atau tepatnya di 29 April. Jadi kalau dihitung, tiap berangkat kerja saya harus merogoh Rp 20 ribu untuk ongkos ojol, lalu ditambah Rp 3 ribu ongkos naik commuter line.

Baca juga : Mobil Melayang, Gagal Ke Senayan

Artinya, untuk PP kurang lebih saya harus keluar uang Rp 46 ribu. Angka ini bisa naik lagi kalau saya PP di jam-jam yang masuk kategori sibuk. Selama ujicoba penyesuaian tarif selama 3 hari (1-3 Mei), kebetulan saya belum pernah lagi naik ojol.

Semoga saja pemerintah memutuskan tarifnya tidak jadi naik. Tapi jika harapan saya tidak terwujud, saya sudah punya rencana melupakan jasa ojol.

Saya mulai berpikir kembali ke jaman dulu, saat teknologi belum semasif sekarang. Saya mau naik angkot lagi, angkutan umum yang sempat jadi andalan kala hape saat itu yang paling top cuma Nokia, yang cuma bisa untuk menelpon dan SMS.

Baca juga : Cari Berkah Di Makam

Saat hape sudah naik kasta menjadi Blackberry, angkot tetap jadi primadona. Dan telah menjadi saksi saya selalu mengetik berita hasil liputan di dalam angkot, demi mengejar deadline.

Tentu untuk pengguna ojol jarak dekat seperti saya, kenaikan tarif terasa berat di kantong. Padahal dulu memilih ojol karena efektif dan efisien. Hanya menambah Rp 1-2 ribu dari ongkos angkot angkot yang rata-rata Rp 5 ribu, saya sudah sampai kantor maupun rumah dengan lebih cepat.

Tapi sekarang tarif ojol sudah dua kali lipat dari angkot. Jadi kalau nggak buru-buru, saya pilih naik angkot lagi meski harus sabar menanti si abang sopir kembali menginjak pedal gas, setelah beberapa kali menaikturunkan penumpang sepanjang perjalanan. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.