Dark/Light Mode

Kurban Sapi Simmental Jumbo

Ibas: Idul Adha Momen Peduli Dan Berbagi Sebagai Tanda Cinta Kasih Pada Semua

Minggu, 10 Juli 2022 13:57 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat menyerahkan sapi kurban di Masjid Agung Pacitan, Minggu (10/7). (Foto: Ist)
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat menyerahkan sapi kurban di Masjid Agung Pacitan, Minggu (10/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) memperingati Hari Raya Idul Adha 2022 di kampung halamannya, Kabupaten Pacitan.

Ibas datang bersama keluarga besarnya, yaitu sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sang kakak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), istrinya Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono. Serta, ketiga anaknya, yakni Airlangga, Sakti, dan Gayatri.

Rangkaian peringatan Idul Adha Ibas di Pacitan dimulai dengan menggelar takbiran bersama di Perguruan Islam Pondok Tremas, Arjosari, Pacitan pada Sabtu (9/7) malam.

Ibas hadir bersama AHY, anggota DPR Sartono Hutomo, dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Ibas dan rombongan disambut dengan begitu meriah oleh puluhan ribu santri maupun warga di sekitar pesantren.

Baca juga : Hewan Kurban Cukup, Tapi Tetap Waspada Krisis PMK

Gema takbir dikumandangkan bersama dengan begitu serentak. Lampion warna-warni serta berbagai atribut kostum nasional hasil kreativitas para santri turut memeriahkan malam takbiran ini.

Dalam acara tersebut, Ibas dan AHY juga berkesempatan memukul bedug sebagai pertanda pawai takbir yang diikuti oleh seluruh santri akan dimulai.

"Masya Allah, saya ucapkan syukron (terima kasih) atas sambutan dan antusias para santri, seluruh pengajar, dan warga yang hadir di Ponpes Tremas pada malam takbiran kali ini," tutur Ibas.

Dia mengaku kagum, hingga hatinya terenyuh, ketika menyaksikan semangat para santri yang sungguh luar biasa dalam syiar agama Islam dan ikut menyemarakkannya.

Baca juga : Sambut Natal 2021, Sahabat Ganjar Berbagi Kebahagiaan Di Papua Barat

"Semoga meriahnya malam takbiran Idul Adha ini juga menjadi semangat bagi para santri untuk terus melanjutkan proses belajar, meningkatkan akhlak dan ibadah menjadi generasi yang membanggakan, baik dalam hal ilmu agama, maupun berbangsa dan bernegara," pesan dia.

Pada pagi harinya, Ibas dan rombongan melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Didampingi putra pertamanya Airlangga, Ibas tampak begitu khidmat dan khusyuk mengikuti sholat dan mendengarkan ceramah serta memanjatkan doa-doa.

Setelah melaksanakan sholat, Ibas memberikan satu ekor sapi yang akan dikurbankan di Masjid Agung Pacitan. Sapi itu berjenis Simmental atau Swiss Fleckvieh.

Pada Hari Raya Idul Adha kali ini, total, Ibas memberikan puluhan ekor sapi yang akan dikurbankan se-Dapil Jatim VII. Daging kurban tersebut akan didistribusikan untuk kabupaten dapilnya. Yaitu, Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi. Sisanya dibagikan ke daerah lain, termasuk Cikeas.

Baca juga : Kapolri Paparkan Langkah Jangka Pendek Dan Menengah Tangani Erupsi Gunung Semeru

Bagi Ibas, Idul Adha bukan sekadar menyembelih hewan. Tetapi, dia memaknainya sebagai tanda cinta kasih umat muslim terhadap semua.

"Hari Raya Idul Adha menjadi pengingat untuk kita agar selalu meningkatkan amal ibadah serta untuk lebih peduli dan berbagi untuk semua. Berkurban adalah tanda cinta kita sebagai manusia kepada Allah SWT dan kepada semua," terang Ibas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.