Dark/Light Mode

Dimulai Dari Tahap Pencalonan

Gelar PSU Pilkada Yalimo, Bawaslu Pusat Minta Dana

Rabu, 11 Agustus 2021 06:30 WIB
Ketua Bawaslu Abhan membuka Sekolah Pengawas Pemilu Serial Investigasi Kalbar secara daring, Selasa, (10/8/2021). (Foto: Humas Bawaslu)
Ketua Bawaslu Abhan membuka Sekolah Pengawas Pemilu Serial Investigasi Kalbar secara daring, Selasa, (10/8/2021). (Foto: Humas Bawaslu)

 Sebelumnya 
Abhan menjelaskan, anggaran untuk PSU Yalimo bersumber dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Dengan demikian, anggarannya bersumber dari APBD.

Sementara Komisioner KPU Pusat, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, pihaknya akan taat pada putusan MK. Ia juga mengingatkan, KPU Yalimo agar anggaran PSU disusun secara cermat berdasarkan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi kesalahan administrasi di masa depan.

Baca juga : Toyota Indonesia Gelar Vaksinasi Buat Warga Sunter Dan Karawang

Sejalan dengan itu, jajaran KPU pun terus berkoordinasi dengan aparat keamanan atau penegak hukum setempat, Pemda, dan masyarakat untuk menyamakan persepsi atas putusan MK.

Sebelum digelar PSU, situasi di wilayah Yalimo harus kondusif, untuk menjamin keamanan bagi para penyelenggara Pemilu, peserta Pilkada, maupun masyarakat.

Baca juga : Biar Kapok, Jepang Permalukan Orang Yang Nggak Mau Karantina

“Putusan MK penting dilaksanakan. Jadi, mencari titik temu ini harus saling menghormati, berkoordinasi, dan melaksanakan tugas fungsi masing-masing sesuai ketentuannya,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.