Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tangis-Tawa Di 2 Panggung

Selasa, 21 Juni 2022 06:39 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Inilah panggung paling riuh, menjelang pemilu, setelah reformasi. Panggung pertama, panggung para elite politik. Kedua, panggung rakyat.

Panggung pertama, prinsip hidupnya: pergaulan bebas. Bisa gonta-ganti pasangan. Pasangan koalisi parpol maupun koalisi capres. Bisa gonta-ganti dua kali seminggu.

Baca juga : "Kalau Ternyata Bukan Kucing…"

Pacaran politik ini cenderung brisik. Padahal, ujung-ujungnya hanya ditentukan dua tiga orang. Sambil ngopi-ngopi atau makan nasi goreng atau ubi rebus. Deal.

Kita ingat Pilpres 2014. Saat itu, ada pasangan yang ditentukan di saat-saat terakhir.

Baca juga : Perombakan Harus Bikin Happy

Pilpres 2019, tak kalah dramatis. Mahfud MD yang tinggal selangkah lagi menjadi cawapres, tiba-tiba di “injury time” digantikan KH Ma’ruf Amin. Juga muncul istilah “kardus” setelah perjodohan gagal.

Di daerah, sama saja. Di Pilkada, “kawin” sama siapa saja, boleh. Bebas. Misalnya, PDI-P dan PKS. Di pusat, mereka seperti air dan minyak, tak bisa bersatu. Di daerah, keduanya bersatu padu, penuh kemesraan, hidup bersama, membangun rumah tangga.

Baca juga : Awas "Mulut Dan Kuku"

Politik Indonesia tidak punya pola dan garis batas yang jelas. Ibarat ramuan makanan, apa saja dicampur, diblender. Prinsipnya satu: pragmatisme. Saya jual, kamu beli. Kalau cocok, deal. Bungkus. Seperti beli cabe kriting di pasar.

“Pergaulan bebas” ini sangat berbeda dengan panggung kedua, panggung rakyat. Panggung kedua, prinsipnya: pertarungan bebas. Bertarung demi kehidupan, berjuang melawan (angka) kemiskinan yang terus meningkat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.