Dark/Light Mode

Menteri Pun Ikut Terusik

Selasa, 13 September 2022 06:29 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Selain itu, ada juga hikmahnya: kita jadi tahu bahwa masih banyak celah serta kelemahan dalam sistem keamanan siber di Indonesia.

Rentetan kasus siber yang mengguncang masyarakat, menjadi alarm tanda bahaya. Karena itu, sekarang saatnya berbenah secara serius. Melakukan introspeksi. Cepat dan fundamental. Jangan sampai para pemangku kebijakan kalah langkah dibanding kemajuan teknologi.

Baca juga : Gawat Darurat Yang Biasa Saja

Teknologi siber yang telah memberi banyak kemudahan, perlu dijaga dan dikelola dengan baik, benar serta bertanggungjawab.

Kalau tidak, “kemudahan” itu bisa menyiksa dan merepotkan kita. Teknologi yang berkembang tiap detik, perlu ditangani oleh orang-orang yang juga bisa berkejaran detik demi detik melawan kemajuan teknologi. Serahkan kepada ahlinya.

Baca juga : Korupsi, Ratusan Tahun Kemudian

Ini persoalan serius. Perlu segera dituntaskan. Karena, jangankan rakyat, pejabat negara pun bisa kena. Menkeu misalnya, bisa dihujani tawaran pinjol. Itu sudah satu setengah tahun lalu. Apakah sekarang Menkeu masih ditawari Pinjol? Yang pasti, ada kehebohan baru: Bjorka! ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.