Dark/Light Mode

Merawat Harapan Melawan Korupsi

Minggu, 1 Oktober 2023 06:12 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Survei lembaga-lembaga internasional yang menempatkan Indonesia sebagai negara korup, seperti mengkonfirmasi kondisi tersebut.

Ini bisa dipahami, karena, di negeri ini, dana bantuan untuk orang miskin dan anggaran bencana pun dikorupsi. Anggaran pembangunan tempat ibadah, juga dikorupsi.

Baca juga : Rekor Kaesang Dan Game Changer

Selain itu, lembaga anti korupsi dan lembaga hukum juga terseret korupsi. Lembaga yang mengawasi keuangan, juga tersangkut. Jaksa dan hakim juga kena. Sungguh di luar logika.

Kendati demikian, harapan-harapan harus terus dinyalakan dan dirawat. Misalnya, harapan akan adanya penuntasan kasus apa pun. Jangan pandang bulu. Jangan tebang pilih. Jangan hanya pucuknya.

Baca juga : Bisnis, Politik Dan Mahkota

Kasus-kasus korupsi yang sudah “telanjang” di tengah ruangan terang benderang, jangan dibuat gelap dan kabur. Tuntaskan.

Selain itu, para pemimpin perlu memberi teladan bagaimana menghindari KKN. Jangan justru permissive. Jangan juga mengeluarkan pernyataan “kalau mau bersih amat, tempatnya di surga sana”.

Baca juga : "Kursi Emas Pun Tidak Nyaman"

Jangan hanya rakyat yang memelihara harapan. Para pemimpin justru lebih punya kewenangan dan pengaruh serta kemudi arah bangsa yang dikendalikannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.