Dark/Light Mode

Rebutan Lahan

Jumat, 22 Februari 2019 07:46 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Realitas ini berlaku di segala level. Ada yang cuma lahan ‘receh’, tipikal preman yang beroperasi di akar rumput. Mereka berebut menguasai lahan parkir, lapak, atau kios-kios yang sejatinya kawasan ilegal untuk itu.

Baca juga : Tata Krama & Debat

Tapi disulapnya menjadi tempat mata pencaharian liar yang uang sewanya disetor ke preman penguasa lahan. Di level elit ekonomi, penguasaan lahan terjadi dalam skala besar. Deal politik bisnis tingkat tinggi.

Baca juga : Menyerang Pribadi

Transaksi perdagangannya juga triliunan. Lahan yang dikuasai juga jutaan hektar. Bukan cuma lahan dan apa yang di atasnya, tapi juga penguasaan atas segala yang ada di perut lahan.

Baca juga : Menjual Kabinet Bayangan

Inilah bisnis perut bumi yang jadi rebutan karena keuntungannya sangat menggiurkan. Inilah yang sekarang juga yang sedang diributkan. Politik telah membuat bisnis as usual menjadi seperti kejahatan. Politik memang kejam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.