BREAKING NEWS
 

Diungkap Airlangga

Dana Beli Vaksin Segini: Rp 70.000.000.000.000

Reporter & Editor :
APRIANTO
Selasa, 24 Agustus 2021 08:05 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Puncak HUT ke-43 Tahun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang digelar secara virtual, Senin (23/8/2021). (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

 Sebelumnya 
Karena posisi tawar Indonesia saat ini, harusnya sudah lebih baik di mata produsen vaksin. Selain beli banyak, Indonesia juga sudah mampu bikin sendiri.

“Biasanya kalau beli barang banyak, kan harganya bisa miring. Ini penting untuk negosiasi,” kata Saleh, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Menko Airlangga Ajak Kadin Berperan Dalam Penyediaan Vaksin Mandiri

Kedua, ia berharap jadwal produksi vaksin Indonesia tidak kembali molor. Baik vaksin Merah Putih maupun vaksin Nusantara. Karena, pandemi belum diketahui secara pasti kapan bakalan berakhir.

Sementara sejumlah negara yang penduduknya banyak, sebutnya, sudah mampu memproduksi vaksin sendiri. Seperti China, India, Amerika Serikat, Rusia, dan lainnya.

Baca juga : Nama Airlangga Hartarto Makin Wangi

“Iran, belakangan juga sudah produksi sendiri. Kita sebagai negara terbesar keempat, belum bisa produksi sendiri. Jangan sampai kita jadi pangsa pasar empuk bagi negara lain,” ingatnya.

Nasib Vaksin Lokal

Baca juga : Pengusaha Ritel Ingin Daya Beli Naik Lagi

Ada dua calon vaksin Covid-19 Merah Putih yang sedang dikembangkan. Pertama, versi Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan kedua, versi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Vaksin Merah Putih versi Unair yang berbasis inactivated virus, baru memasuki uji pra-klinik tahap dua. Sementara versi Eijkman yang berbasis protein rekombinan, masih dalam proses transisi dari laboratorium ke industri. Bahkan, belum memasuki tahap uji praklinis dan uji klinis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense