Dark/Light Mode

Sisi Lain Sebuah Sampah

Kamis, 29 Desember 2022 09:16 WIB
Sampah plastik yang ada di bumi (Foto: Pinterest)
Sampah plastik yang ada di bumi (Foto: Pinterest)

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang terhindar dari sampah. Menurut para ahli, sampah merupakan sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang, yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya. Menurut klasifikasinya, sampah dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3 (sampah beracun dan berbahaya bagi manusia).

Berikut adalah pengertian masing-masing sampah beserta contohnya:

1. Sampah organik, merupakan sampah yang berasal dari hewan maupun tumbuhan (bahan yang mudah hancur). Contoh: sisa makanan, buah, sayur, daun, dan lain-lain.

2. Sampah anorganik, merupakan sampah yang bukan berasal dari hewan maupun tumbuhan (bahan yang tidak mudah hancur atau terurai). Contoh: plastik, kertas, kardus, botol, kaleng, dan lain-lain.    

3. Sampah B3, merupakan sampah yang berasal dari zat berbahaya dan beracun. Contoh: oli bekas kapal, pestisida, deterjen pakaian, pembersih lantai, dan lain-lain.

Baca juga : Kendaraan Listrik Jangan Berhenti Sampai KTT G20

Beragam jenis sampah dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita. Salah satunya yaitu sampah rumah tangga, sampah industri, sampah lingkungan. Perlu kita ketahui juga jika sampah disekitar kita semakin hari semakin menumpuk. Penumpukan sampah tersebut sudah menjadi permasalahan yang serius bagi kita semua. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada 2021, tercatat volume sampah di Indonesia yang terdiri dari 154 kabupaten/kota se-indonesia mencapai 18,2 juta ton/tahun. 

Fakta lain permasalahan sampah di berbagai wilayah Indonesia hingga kini masih menjadi masalah yang masih belum dapat terselesaikan. Pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume sampah pula. Perlu kita ketahui juga jika volume sampah semakin bertambah. maka hal tersebut juga dapat berakibat buruk bagi lingkungan sekitar. Salah satunya yaitu dapat berpotensi melepas gas metana (CH4) yang dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memperburuk pemanasan global. Serta dapat menimbulkan bencana, seperti tanah longsor dan baniir.

Dengan adanya permasalahan tersebut pemerintah menghimbau para warga untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Berikut adalah contoh upaya dalam mengolah sebuah sampah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual.

1. Mengolah sampah organik menjadi kompos dan pupuk sederhana 

Sebagaimana kita ketahui, sampah organik dapat dijadikan kompos yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian. Hanya diperlukan suatu lubang untuk pembuangan sampah organik di tanah dan tunggu hingga membusuk hingga menyerupai tanah. Unsur hara yang dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk menyuburkan tanah.

Baca juga : Indonesia dan China Teken 5 Dokumen Kerja Sama

2. Sampah organik dapat dijadikan kerajinan tangan

Beberapa sampah organik dapat dijadikan produk yang memiliki nilai jual, seperti eceng gondok dapat diolah menjadi tas. Selain itu, batok kelapa juga dapat dijadikan sebagai peralatan masak, seperti cangkir,centong, dan lain-lain.

3. Mendaur ulang sampah plastik menjadi perabotan rumah tangga

Sampah plastik dapat kita daur ulang menjadi alat perabotan rumah tangga, seperti ember, piring, gelas, dll.

4. Mengolah sampah anorganik menjadi barang kerajinan

Baca juga : Hobi Koleksi Tempat Sampah

Sampah organik, seperti botol bekas, kaleng bekas, kardus bekas dapat kiat olah menjadi barang kerajinan. Salah satunya yaitu botol bekas dapat kita ubah menjadi tempat pensil, kaleng bekas dapat kita ubah menjadi tempat celengan, dan kardus bekas dapat kita ubah menjadi kotak tisu.

Selain upaya di atas, sekelompok mahasiswa asal Universitas Teknologi Eidhoven Belanda pernah membuat sebuah mobil yang terbuat dari limbah sampah. Ide ini terbesit dalam pikiran mereka lantaran data tentang manusia yang menghasilkan limbah sampah saat itu sekitar 2,1 miliar ton setiap tahunnya. Dalam proses pembuatan mereka benar-benar menggunakan bahan dari limbah sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang.

Melihat macam-macam upaya yang dapat kita lakukan dalam mengolah sampah tersebut, dapat kita simpulkan jika selama ini kebanyakan masyarakat masih memandang negatif tentang sampah, namun tanpa kita sadari ternyata selama ini sampah juga memiliki manfaat dan dapat bernilai jual. untuk itu sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan, kita perlu pandai-pandai dalam mengolah sampah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.