Dark/Light Mode

Kita Impor Gandum 11 Juta Ton Per Tahun

Jokowi: Hati-hati, Harga Roti Dan Mie Instan Naik

Jumat, 8 Juli 2022 06:20 WIB
Presiden Jokowi. (Foto : Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi. (Foto : Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

 Sebelumnya 
Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, kemandirian pangan menjadi faktor penting saat ini. Karena itu, dia menga­jak Pemerintah Daerah (Pemda) memanfaatkan seluruh lahan dalam berbagai ukuran untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. “Jangan sampai ada lahan kosong,” ingatnya.

Tidak hanya dari Rusia dan Ukraina, Indonesia juga mengim­por gandum dari Australia. Ber­dasarkan laporan Trademap, sepanjang 2021 Indonesia mengimpor gandum dan meslin dari Australia senilai 1,47 miliar dolar AS.

Baca juga : Agum: Hati-hati, Teror Bisa Terjadi Kapan Saja Dan Di Mana Saja

Angka itu melonjak 515 persen dibandingkan nilai impor tahun 2020 yang hanya 239,84 juta dolar AS.

Berdasarkan kuantitasnya, volume gandum dan meslin yang diimpor juga meningkat dari 830,83 ribu ton pada 2020 men­jadi 4,69 juta ton pada 2021.

Baca juga : Jokowi: Rakyat Harus Tahu, Kondisi Indonesia Masih Sangat Baik

Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Tepung Terigu (Aptindo) Ratna Sari Loppies me­nyoroti, harga gandum dunia yang terus merangkak naik.

“Perang Rusia dan Ukraina, bukan satu-satunya pemicu harga komoditas tersebut meningkat,” katanya.

Baca juga : Jokowi: Hati-hati! Nanti Saya Didemo

Ratna menjelaskan, berdasarkan data International Grains Council (IGC) per 28 Juni 2022, rata-rata harga gandum secara global tercatat meningkat pesat secara tahunan, sekitar 37 persen.

“Kami lebih sering mengimpor gandum dari Amerika Serikat dan Australia. Bisa dicer­mati sendiri, kenaikannya begitu terlihat,” ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.