Dark/Light Mode

Komit Jalankan Konservasi Terumbu

PKT Raih Penghargaan AREA 2022 Kategori Social Empowerment

Jumat, 5 Agustus 2022 20:19 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2022 kategori Social Empowerment, karena menjalankan program Konservasi Terumbu Karang oleh Kelompok Nelayan Kimasea. Penghargaan tersebut diterima secara virtual, pada 21 Juli 2022.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan, pihaknya telah menjalankan konservasi terumbu karang di perairan Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) sejak 2009, dengan komitmen penurunan 500 unit media terumbu buatan setiap tahun.

Baca juga : Bahlil Percepat Pengembangan Investasi Hijau Berkelanjutan

Ia menuturkan, program ini direalisasikan di perairan Tobok Batang Kota Bontang, dengan luasan mencapai 20 hektare (Ha) dikarenakan kondisi terumbu karang mengalami kerusakan.

Hal ini diakibatkan penangkapan ikan tidak ramah lingkungan (PITRaL) yang bersifat destruktif, seperti penggunaan bahan peledak maupun bahan kimia beracun.

Baca juga : Gelar Lomba Gambar Virtual Dengan Peserta Terbanyak, Frisian Flag Raih Penghargaan MURI

Berdasarkan data Pemerintah, dari 5.464 Ha luas wilayah terumbu karang di perairan Bontang, 2.500 Ha di antaranya dalam keadaan rusak.

"Kondisi inilah yang menjadi keprihatinan PKT untuk turut berperan dalam merehabilitasi terumbu karang di perairan Bontang," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (5/8).

Baca juga : Bantu Sukseskan Mudik, DLU Raih Penghargaan Dari Kemenhub

Kesinambungan langkah konservasi terumbu pun diikuti pembinaan dan pelibatan masyarakat dalam menjaga ekosistem perairan, melalui pembentukan kelompok nelayan Kimasea pada 2017.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.