Dark/Light Mode

Inovasi Teknologi Hibrida Berbasis Panel Surya Terapung Dan Savonius Darrieus Turbine Microhydropower Sebagai Aplikasi Renewable Energy Dalam Upaya Terwujudnya Green Electricity Di Desa Gondang, Kabupaten Banjarnegara

Kamis, 23 Februari 2023 07:00 WIB
Inovasi Teknologi Hibrida Berbasis Panel Surya Terapung Dan Savonius Darrieus Turbine Microhydropower Sebagai Aplikasi Renewable Energy Dalam Upaya Terwujudnya Green Electricity Di Desa Gondang, Kabupaten Banjarnegara

 Sebelumnya 
Konsep inovasi ini, secara jangka panjang diharapkan dapat memberikan dampak ekspone­sial yang lebih baik pada aspek ketersediaan air bersih dan kelis­trikan. Serta mendukung SDGs poin 6 (Air bersih dan sanitasi layak) dan poin 7 (Energi ber­sih dan terjangkau). Inovasi ini juga diharapkan mampu menjadi penyokong tercapainya target penurunan emisi gas rumah kaca Indonesia.

Kondisi Geografis Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Baca juga : Empat Negara ASEAN Jadi Kekuatan Logistik Di Dunia

Kampung Gondang terletak di Desa Talunamba, Kecamatan Madukara, yaitu pada kordinat diantara 7º – 12º Lintang Utara dan 7º – 12º Lintang Selatan, 7º – 12º Bujur Barat dan 7º – 12º Bujur Timur. Luas wilayah Kecamatan Madukara sekitar 71,91 Km2. Terdiri dari 18 Desa dan 2 Kelurahan. Jenis tanah Regosol Podsolik merah kekuningan dan Latosol. Sebagian tanahnya adalah bergelombang dan berbukit. Sebagian besar merupakan tanah kering, sehinggadaerah ini cocok untuk perkebu­nan dan tanaman kayu-kayuan.

Luas wilayahnya kurang lebih 4.820.151 Ha. Terdiri dari ta­nah sawah (799.685 Ha) dan tanah kering (4.200.466 Ha). Kecamatan ini termasuk wilayah yang memiliki daerah pegunun­gan di sebelah utara, dan daerah dataran di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu. Dikutip dalam laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Banjarnegara (SLHD) tahun 2007, pemanfaatan air sungai di Banjarnegara untuk keperluan mandi/cuci sebesar 24,04%, air minum/masak sebesar 1,91%, dan bahan baku air minum sebe­sar 1,09%.

Baca juga : Ace Dinilai Layak Jadi Pengganti Amali

Pembahasan

Detail Pengolahan Air dan Perancangannya

Baca juga : Kampung Halaman Shin Tae-yong Promosi Makanan Dan Minuman Di Indonesia

Dari peta yang diambil dari google maps, diestimasikan di Desa Gondang terdapat sekitar 50 rumah, dengan asumsi tiap rumah terdapat 5 orang. Asumsi kebutuhan air bersih per orang adalah 60 L/hari. Sehingga ke­butuhan air bersih total per-hari yang diperlukan adalah 15000L. Pengolahan air sungai men­jadi air bersih, menggunakan sistem filtrasi dengan menggu­nakan gaya gravitasi, sehingga pengolahan ini bersifat ramah lingkungan atau zero energi, tradisional, dan mudah diap­likasikan. Jenis filtrasi berbasis gravitasi yang digunakan ada­lah slow sand filter. Slow sand filter yang digunakan memiliki lama proses sedimentasi pada bak pengendapan selama 4 jam (Bintek SDA, 2018), lalu proses filtrasi selama 4 jam (0,5m/jam) (Crittenden et.al, 2012) sehingga untuk memenuhi kebutuhan, slow sand filter didesain dengan kapasitas 5000L dengan gambar desain seperti berikut:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.