Dark/Light Mode

Selama Peak Season Akhir Tahun

Mantap, Tingkat Hunian Hotel BUMN 100 Persen

Senin, 8 Januari 2024 07:20 WIB
Direktur Utama Hotel Indo­nesia Group (HIG) Rizal Ka­sim. (Foto: Ist)
Direktur Utama Hotel Indo­nesia Group (HIG) Rizal Ka­sim. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menanggapi ini, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari menjelaskan, sejumlah daerah yang menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia, seperti Bali, telah kembali dipadati wisatawan. Hal ini berdampak positif pada tingkat hunian hotel di Pulau Dewata.

Dia melihat fenomena tersebut wajar saja, karena momen Na­taru adalah periode peak seson.

Namun, menurutnya, jumlah wisatawan yang datang selama libur Nataru kali ini belum se­banyak di masa sebelum pan­demi Covid-19.

Baca juga : Barca Puyeng, Gaji Felix Mau Naik 1.000 Persen

“Yang turut jadi perha­tian, berapa lama wisatawan ini stay dan spending money di tempat wisata kita,” ujarnya ke­pada Rakyat Merdeka, Minggu (7/1/2024).

Dia menilai, karakteristik atau perilaku wisatawan di masa kini, berbeda dibandingkan se­belumnya. Orang melakukan perjalanan, tidak hanya untuk lei­sure tetapi juga ingin mendapat­kan rasa ketenangan, kenya­manan, aman, hingga kesehatan.

Karenanya, ada perkembangan yang disebut wellness tour­ism, yaitu sebuah tren berwisata sambil menjaga kesehatan dan melakukan perawatan diri.

Baca juga : Libur Akhir Tahun, Syariah Card Mega Syariah Melonjak 50 Persen

“Wisata khusus seperti ini menjadi peluang yang harus bisa diambil oleh pelaku usaha di sektor pariwisata. Ini potensi yang akan berkembang ke de­pannya,” katanya.

Berkaca dari kejadian pan­demi, menurutnya, Pemerin­tah tetap harus memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Apalagi beberapa waktu terakhir, Badan Kesehatan Dunia (World Health Or­ganization/WHO) menyatakan, masih adanya subvarian baru dari Covid-19.

Terpisah, Vice President (VP) of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (AP II) Cin Asmoro memastikan Bandara Soekarno-Hatta, sebagai ban­dara tersibuk dan gerbang ma­suk negara, telah dilengkapi alat pendeteksi suhu tubuh di tiap titik kedatangan internasional.

Baca juga : Jaga Perdamaian di Tahun 2024 dengan Tingkatkan Literasi Informasi

“Jika ada penumpang dengan gejala Covid-19, petugas akan mengarahkan mereka ke posko atau kantor kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Cin.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 8/1/2024 dengan judul Selama Peak Season Akhir Tahun, Mantap, Tingkat Hunian Hotel BUMN 100 Persen   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.