Dark/Light Mode

RUPST Rombak Direksi Dan Komisaris

Kinerjanya Kinclong, BNI Bagi Dividen Rp 10,45 T

Rabu, 6 Maret 2024 07:05 WIB
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk Royke Tumilaar tengah berfoto dengan Wakil Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setiawan kanan dan Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini kiri usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan RUPST 2023 di Jakarta, Senin 4/3/2024. Fotografer / RM
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk Royke Tumilaar tengah berfoto dengan Wakil Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setiawan kanan dan Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini kiri usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan RUPST 2023 di Jakarta, Senin 4/3/2024. Fotografer / RM

 Sebelumnya 
Ia mengatakan, peningkatan profitabilitas akan dicapai me­lalui konsistensi dalam membu­kukan pertumbuhan kredit yang berkualitas dari segmen cor­porate, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dan con­sumer. Sehingga kualitas aset berada dalam kondisi yang sehat dalam jangka panjang.

Dengan berbagai inovasi digi­tal, BNI terus mendorong pening­katan produktivitas bisnis, efisien­si operasional. Serta kontribusi perusahaan anak. Manajemen juga proaktif mendorong berbagai program peningkatan kapabilitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan optimalisasi teknologi.

Alhasil, sambung Royke, kinerja positif pada 2023 menan­dakan keberhasilan program transformasi di BNI.

“Kami berkomitmen terus memperkuat fondasi bisnis deng­an konsisten mendorong pengua­tan model bisnis dan penerapan budaya perusahaan,” ujarnya.

Baca juga : Penggunaan PLTS Atap Bisa Menghemat Energi

Sepanjang 2023, kredit tumbuh sebesar 7,6 year on year (yoy), mencapai Rp 695 triliun, yang di­dorong oleh ekspansi di segmen berisiko rendah. Yaitu korpora­si blue chip, baik swasta maupun BUMN, kredit konsumen, dan anak usaha.

Kontribusi anak usaha ini didukung oleh penguatan kinerja yang berkelanjutan, seiring dengan transformasi anak usaha yang sedang berlangsung, se­perti di BNI Finance dan hibank.

Perseroan juga proaktif meningkatkan keamanan data dan perlindungan privasi nasa­bah dari kejahatan cyber. Se­hingga memungkinkan BNI untuk memiliki value propo­sition dan customer engage­ment yang unggul.

Di samping itu, Royke juga menjelaskan, sebagai bentuk komitmen BNI terhadap imple­mentasi prinsip ESG (Environ­mental, Social and Governance), pihaknya telah melakukan ber­bagai upaya. Seperti peneta­pan framework dan roadmap ESG untuk jangka pendek, menengah dan panjang, dengan target Net Zero Emission (NZE) Operasional pada 2028 dan NZE Pembiayaan pada 2060.

Baca juga : Real Madrid Vs RB Leipzig, Los Blancos Tak Jumawa

Menyoal ini, Senior Vice Presi­dent Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan mengatakan, BNI mampu mendorong kinerja fungsi intermediasi dengan pengelolaan pendapatan yang baik. Faktor tersebut yang mendorong BNI memperoleh kinerja positif, di tengah tantangan ekonomi global. Dan mampu membagikan dividen kepada para pemegang saham.

“Laba bersih mampu mening­kat di tengah ekonomi global, dan bisa berkontribusi ke negara dengan membayar kepada kas negara. Pertumbuhan positif BNI semoga dapat tetap terus berlanjut,” ucap Trioksa ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia melihat, kinerja BNI dari sisi kredit, misalnya, didorong oleh ekspansi di segmen berkuali­tas tinggi, yaitu korporasi blue chip baik swasta dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), kredit kon­sumer, dan perusahaan anak.

Selain itu, pergantian direksi dalam RUPST, menjadikan su­sunan organisasi lebih berwarna.

Baca juga : Seniman Ngebet Nikahi Hologram

“Ini akan menjadi modal bagi pertumbuhan BNI. Sehingga melanjutkan kinerja berkelanju­tan dalam upaya berkontribusi positif bagi perekonomian Indo­nesia,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.