Dark/Light Mode

Soal Pentingnya Investasi

Milenial Perlu Diingatkan, Tapi Jangan Dibikin Ribet

Minggu, 8 Desember 2019 15:31 WIB
Sandiaga Uno ingatkan generasi milenial tentang investasi di acara Apresiasi Financial Award 2019. Acara ini digelar RRI bersama Iconomics Research di Studio RRI di Jakarta, kemarin.
Sandiaga Uno ingatkan generasi milenial tentang investasi di acara Apresiasi Financial Award 2019. Acara ini digelar RRI bersama Iconomics Research di Studio RRI di Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuda kelahiran 1983 hingga Tahun 2000 atau generasi milenial diproyeksikan memiliki peran besar bagi perekonomian nasional. Mereka harus diingatkan tentang pengelolaan keuangan yang tepat, salah satunya investasi.

Research of Director Iconomics Research, Alexander Mulya mengatakan, data BPS tahun 2017 jumlah populasi milenial mencapai 88 juta jiwa atau 33,75 persen dari total populasi Indonesia. Jumlah tersebut berdampak pada perkembangan ekonomi nasional.

"Generasi milenial menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini dan beberapa tahun ke depan. Hal itu karena jumlahnya yang besar dan kelompok usia produktif," ujarnya dalam keterangan persnya yang diterima Rakyat Merdeka usai, Iconomics Research dan RRI Financial Award 2019 di Jakarta, kemarin.

Iconomics Research bekerja sama dengan RRI telah melakukan riset survei persepsi milenial Indonesia terhadap industri jasa keuangan Indonesia yaitu perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan (multifinance), perusahaan sekuritas, dan Fintech.

Riset yang melibatkan 10.000 responden di 10 kota besar di Indonesia pada Oktober 2019, menemukan hasil yang menarik. "Ada beberapa temuan menarik dari riset ini, diantaranya penetrasi jasa keuangan masih relatif kecil yaitu 13,04 persen," katanya.

Baca juga : Mong Indonesia Pertemukan Fans Sheila On 7 Dengan Penikmat Vape

Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku industri jasa keuangan konvensional maupun syariah untuk meningkatkan penetrasinya di kalangan milenial.

Apalagi milenial adalah kelompok usia produktif dan berjumlah lebih dari sepertiga populasi Indonesia. Dari data tersebut meski penetrasi masih relatif rendah, tetapi pengetahuan kelompok milenial atas perusahaan jasa keuangan relatif tinggi yaitu rata-rata 41,32 persen.

"Generasi milenial juga cenderung memberikan penilaian yang relatif baik terhadap brand-brand perusahaan jasa keuangan," terangnya.

Generasi milenial memang perlu diingatkan tentang pentingnya mengelola keuangan. Jangan sampai hanya fokus pada kesenangan atau kepuasan sesaat tapi tidak punya konsep atau rencana jangka panjang.

Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menilai generasi muda memiliki cara pandang dan keuangan unik. Dalam urusan keuangan, banyak dari mereka yang enggan menjalankan proses investasi yang berbelit atau ribet. Milenial ingin serba cepat dan praktis.

Baca juga : Riset Tak Perlu Canggih, Tapi Harus Jawab Kebutuhan Rakyat

"Mereka tidak suka terikat ya. Nggak suka ribet. Saya melihat milenial itu independen, bebas, tidak menggurui, dan tidak suka ribet,” ujar Sandiaga Uno.

Sebagai seorang yang sering menjadi jembatan pemikiran antara generasi milenial dan kolonial, dia menyikapi perbedaan persepsi dan perilaku antara kedua segmen tersebut.

“Karena milenial punya kebiasaan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagaimana kita bisa menjembatani. Dan kaitannya terhadap finansial, bagaimana pandangan mereka terhadap pinjaman, investasi dan pengelolaan dana," terangnya.

Sandi bilang banyak milenial sudah bikin anggaran bulanan. Itu merupakan sinyal yang baik. Mereka merencanakan anggaran kemudian hampir 80 persen milenial menabung.

“Namun hampir 70 persen dari mereka belum melek investasi. Bahkan 20 persen milenial tidak punya investasi,” katanya.

Baca juga : Basuki Minta Generasi Milenial PUPR Terus Kreatif dan Inovatif 

Dia menambahkan, milenial punya cara pandang dan keuangan yang cukup unik. Mereka lebih suka jalan-jalan ketimbang investasi. Karena itu milenial perlu kita ajak berinvestasi.

“Caranya harus menggunakan media platform gaya bahasa mereka. Tidak seperti marketing zaman dulu. Dengan pendekatan yang mereka suka. Seperti entrepeneur, musik dan film,” jelas Sandiaga.

CEO Iconomics Bram S. Putro mengatakan, award tersebut beda dengan lainnya. “Karena kita konsen membantu 2020 nanti. Misal dari brand equitinya,” ujarnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.