Dark/Light Mode

Genjot Kualitas SDM Dan Investasi

Menkeu: Milenial Bisa Punah Jika Tak Berubah

Kamis, 31 Oktober 2019 08:01 WIB
Menkeu Sri Mulyani {Foto:Rhendi/RM)
Menkeu Sri Mulyani {Foto:Rhendi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku minder saat berjejer di samping Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju. Soalnya, Nadiem punya prestasi hebat membesarkan gojek. Menurut Sri Mulyani, sosok Nadiem bisa dicontoh kaum milenial. Tingkatkan kualitas SDM jika tak mau punah

Fokus pembangunan SDM, kata Sri Mulyani, tercermin dari APBN, yang anggaran dana terbesarnya untuk meningkatkan kualitas SDM. 

“Terkalkulasikan dalam APBN, belanja kesehatan sekitar Rp 300 triliun, pemberantasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran Rp 230 triliun. Itu semua karena manusia is just important,” kata Menkeu dalam Festival Transformasi di Jakarta kemarin. 

Baca juga : Pasar Modal Siap Jadi Pembiayaan Pembangunan Jalan Tol

Menurutnya, pembangunan SDM menjadi mutlak karena kualitas SDM sangat berpengaruh terhadap hasil produksi terhadap investasi yang masuk. Semakin tinggi kualitas SDM, semakin baik efisiensi produksi. Hasilnya, rasio investasi terhadap pertumbuhan ekonomi bakal membaik. 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melihat kualitas generasi milenial yang mumpuni sangat dibutuhkan. Untuk itu, sangat penting agar kaum milenial bisa berubah. Kalau tidak, nasibnya bisa seperti dinosaurus yang punah. 

Menkeu mengatakan, generasi muda identik dengan kaum yang sering merealisasikan idenya ke dalam suatu aksi. 

Baca juga : Investasi Bidang Pertanian Bisa Redakan Dampak Perang Dagang AS-China

Dirinya pun mengungkapkan, salah satu generasi muda yang patut dicontoh adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. 

Menkeu pun bercerita perasaannya saat dilantik menjadi menteri bersebelahan dengan Nadiem. Saat itu, dia terusik dan merasa sudah sangat tua, karena Nadiem baru berusia 35 tahun atau menjadi menteri termuda Kabinet Indonesia Maju. 

“Saya berdiri dan disumpah menjadi menteri bersebelahan dengan menteri yang masih so young, saya sudah merasa kesundut saja. You better change atau kamu punah. Betulan” tuturnya. 

Baca juga : Mendes Dorong Nias Kembangkan Wisata Desa

Ia pun tak tahu kenapa ditaruh di sebelah Nadiem. “Mungkin untuk menyindir saya. Karena kalau kita tidak berubah, maka kita akan punah,” jelasnya. 

Sebelumnya, Jokowi menekankan, negara harus hadir dalam pembangunan SDM sejak anak berada dalam kandungan sampai masa emas. 

Selain itu, kualitas sistem pendidikan dan pelatihan harus betul-betul dirancang dengan cara yang baru. Reformasi pendidikan dan pelatihan harus lebih baik melalui vokasi dan pendidikan vokasi.[KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.