Dark/Light Mode

Aturan Wajib Swab PCR Sebelum Terbang

Waduh, Calon Penumpang Banyak Yang Balik Kanan

Sabtu, 19 Desember 2020 06:07 WIB
Aturan Wajib Swab PCR Sebelum Terbang Waduh, Calon Penumpang Banyak Yang Balik Kanan

 Sebelumnya 
“Data yang kami olah sampai Selasa malam (15/12), terjadi permintaan refund dari 133 ribu passenger.

Meningkat 10 kali lipat dibanding kondisi normal. Dari Online Travel Agent (OTA), big datanya kira-kira berapa transaksi yang terdampak? Mencapai Rp 317 miliar,” bebernya, saat acara Penandatangan Nota Kesepahaman PHRI dan Air Asia, Rabu (16/12).

Menurut dia, refund tiket tersebut merupakan dampak dari kewajiban tes swab Covid-19 bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Bali lewat jalur udara. Dan wisatawan yang melakukan perjalanan darat ke Bali wajib melakukan rapid test antigen.

Baca juga : Transfer Setan Merah, Setan Merah Ingin Balikin Evans

Hariyadi menegaskan, PHRI sangat mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun, dia berharap pemerintah bisa berdiskusi dengan pengusaha sebelum merilis kebijakan sehingga bisa dilakukan antisipasi.

“Kami sebagai pelaku usaha, berharap diajak bicara. Kami tentu akan memberikan pendapat objektif, dalam bentuk fakta dan data,” harapnya.

Sementara, untuk mendukung kebijakan pemerintah, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyediakan layanan PCR test dan rapid test antigen di beberapa bandara.

Baca juga : Maskapai Garuda Siapkan Layanan Swab Test Bagi Calon Penumpang, Ini Lokasinya...

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, penyediaan layanan tersebut guna mendukung penerbangan sehat pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

“Layanan rapid test antigen sudah tersedia di tujuh bandara sejak Jumat (18/12). Hasil tesnya dapat diketahui dalam 1 jam,” kata Faik di Jakarta, kemarin.

Adapun ketujuh bandara tersebut, yakni Bandara I Gusti Ngurah Bali, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Baca juga : Masih Banyak Yang Tak Percaya Corona

“Biayanya sebesar Rp 170 ribu di semua bandara itu. Kecuali Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, harga rapid test antigennya Rp 175 ribu,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.