Dark/Light Mode

Swiss Jinak, Ekspor CPO Makin Moncer

Jumat, 12 Maret 2021 05:38 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyambut gembira hasil referendum.

“Kita sangat menyambut positif, ini adalah hasil yang memberikan harapan cerah bagi ekspor Indonesia di Eropa,” kata Jerry dalam keterangannya, Rabu (10/3).

Selama ini publik Swiss dike­nal sangat kritis terhadap isu-isu lingkungan, kesehatan dan sosial yang biasanya menjadi alasan bagi pemberlakuan ham­batan bagi produk-produk dari negara lain, termasuk kelapa sawit dari Indonesia.

Baca juga : Tiga Bulan Menteri, Elektabilitas Sandi Moncer

Namun, lanjut Jerry, setelah pihaknya memberikan pen­jelasan, masyarakat Swiss bisa memahaminya. Menurutnya, publik Swiss selama ini tidak mendapatkan informasi yang berimbang.

“Saat itu kita yakinkan mereka bahwa kelapa sawit dari aspek lingkungan justru lebih efisien karena satu hektar kelapa sawit menghasilkan produk yang setara dengan hasil 6 hek­tar produk minyak nabati yang lain,” ujarnya.

Dikatakan Jerry, hasil referendum mengenai IE-CEPA ini jelas memberikan harapan bagus buat pemahaman publik Swiss mengenai kelapa sawit dan semua produk Indonesia lainnya.

Baca juga : Kasus Suap Izin Ekspor Benur, KPK Garap 7 Saksi

Bagi Jerry, hasil referendum ini juga mengindikasikan niat baik dari kedua belah pihak da­lam hal saling memahami pada kerja sama perdagangan.

Melalui IE-CEPA, Indonesia akan mendapatkan penghapusan 7.042 pos tarif Swiss dan Liechtenstein, 6.338 pos tarif Norwegia dan 8.100 pos tarif Islandia.

Selain itu, penerapan IE-CEPA ditargetkan juga akan meningkatkan investasi yang berdampak positif bagi Indo­nesia. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.