Dark/Light Mode

Varian Delta Picu Anggaran Kesehatan Rp 300 Triliun

Covid-nya Masih Juara Ekonominya Tersendat

Kamis, 5 Agustus 2021 05:20 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam webinar yang digelar CSIS Indonesia bertajuk “CSIS dan Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia 2045”, Rabu, 4 Agustus 2021. (Foto : Istimewa).
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam webinar yang digelar CSIS Indonesia bertajuk “CSIS dan Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia 2045”, Rabu, 4 Agustus 2021. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Menteri Koordi­nator Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto mengumumkan realisasi penggunaan dana PEN Rp 305,5 triliun pada Juli 2021.

“Realisasinya baru mencapai 41 persen dari pagu Rp 744,75 triliun,” kata Airlangga.

Rincian realisasi terdiri dari penggunaan dana untuk pro­gram kesehatan sebesar Rp 65,5 triliun dari pagu Rp 214,95 triliun. Lalu, realisasi untuk program perlindungan sosial sebesar Rp 91,84 triliun dari pagu Rp 187,84 triliun.

Baca juga : Perpustakaan Desa Harus Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kemudian, realisasi dana dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan korporasi senilai Rp 52,43 triliun dari pagu Rp 171,77 triliun. Selanjutnya, realisasi dana pro­gram prioritas Rp 47 triliun dari Rp 117,94 triliun.

Terakhir, realisasi program insentif usaha Rp 43,35 triliun dari pagu Rp 62,83 triliun.

Rektor Universitas Para­madina Didik J Rachbini mengatakan, besarnya anggaran PEN dan penanganan Covid-19 harusnya efektif menekan angka penularan virus Corona dan pe­mulihan ekonomi.

Baca juga : Sabar, Stok Vaksin Covid Masih Nyisa Buat Sebulan

“Yang terjadi saat ini, anggaran PEN dan penanganan Covid-19 besar. Sementara, Covid-nya juara dunia, pertumbuhan ekono­mi masih rendah,” kata Didik.

Menurut Didik, dengan aloka­si anggaran untuk perlindungan sosial yang sangat banyak, se­harusnya pemerintah tidak perlu khawatir melakukan lockdown untuk mengendalikan pandemi.

“Kuncinya ada pada penanganan pandemi. Kalau ini sudah diamankan, ekonomi pasti bisa pulih cepat. Dengan begitu, anggaran yang besar akan efektif kendalikan Covid dan pulihkan ekonomi,” ujar mantan anggota DPR ini. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.