Dark/Light Mode

Korindo Konsisten Jalankan Tanggung Jawab Sosial Berkelanjutan

Senin, 9 Agustus 2021 13:43 WIB
Proses survei dan monitoring yang dilakukan Korindo di lahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, yang nanti akan dijajaki menjadi area terbuka hijau. (Foto: Dok. Korindo)
Proses survei dan monitoring yang dilakukan Korindo di lahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, yang nanti akan dijajaki menjadi area terbuka hijau. (Foto: Dok. Korindo)

 Sebelumnya 
Instalasi tersebut akan dikelola oleh masyarakat sekitar dengan arahan dari Saparno. Hasil panen sayuran diperkirakan sudah dapat dinikmati pada akhir April dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sementara itu, untuk ikan air tawar lele, panennya bisa dihasilkan sekitar empat bulan mendatang. 

Prinsip lain yang dipegang Korindo Group dalam melaksanakan CSC adalah menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan kearifan lokal. “Hal ini menjadi penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kewirausahaan lokal secara berkelanjutan,” kata Seo. 

Baca juga : Meski Pandemi, BCA Syariah Pertahankan Pertumbuhan Berkelanjutan

Dalam mengimplementasikan CSC, Korindo Group juga mengedepankan aspek kemitraan, partisipasi komunitas dan tujuan bersama untuk mencapai kemajuan serta kesejahteraan. Nilai-nilai ini tergambarkan dalam program Hutan Kota Korindo yang dibangun di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 2019.

Selama tiga tahun, Yayasan Korindo bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan kota yang turut memberdayakan masyarakat setempat. Selanjutnya, pengelolaan akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor pada November 2022 yang dapat dimanfaatkan sebagai area penghijauan maupun rekreasi. 

Baca juga : Mendag Happy Ekonomi Kuartal II Mulai Siuman

Setelah sukses mengembangkan Hutan Kota Pakansari, program penghijauan Yayasan Korindo juga meluas ke daerah lain. Lahan bekas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, akan ‘disulap’ menjadi area terbuka hijau. 

Program berkelanjutan skala masif juga sudah diterapkan di Bukit Gendol, Wonogiri, Jawa Tengah. Pada 2015, Korindo bersama pemangku kepentingan terkait menanam 7 ribu bibit pohon beringin dan tanaman buah-buahan seperti alpukat dan durian. 

Baca juga : Kayan Hydro Konsisten Kembangkan Energi Dan Industri Hijau

Korindo Group terinspirasi dari Mbah Sadiman, pria paruh baya yang telah menanam ribuan pohon di Bukit Gendol sejak 1995. Kontribusinya kini sudah membuahkan hasil. Lebih dari 600 warga Desa Geneng, lokasi Bukit Gendol berada, dapat mengakses air bersih tanpa takut kekeringan. 

Jangkauan CSC Korindo Group tidak hanya dilakukan di Jawa. Di Nusa Tenggara Barat (NTB), Korindo bersama dengan Forest for Life Indonesia (FFLI) dan Pemprov NTB mengembangkan black soldier fly (tentara larva hitam) untuk teknologi biokonversi dalam pengelolaan sampah organik. Hasil keuntungannya dikembalikan untuk pelestarian lingkungan dan kesejahteraan warga lokal. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.