Dark/Light Mode

Ringankan Beban APBN

REI Support Pembangunan Ibukota Baru

Kamis, 23 Mei 2019 09:21 WIB
Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata (kiri) dan Wakil Ketua Umum REI Bidang Komunikasi, Promosi dan Pameran Ikang Fauzi saat diskusi Perencanaan Pembangunan Ibu Kota Baru di,  Jakarta, Rabu (22/5). (Foto: Novalliandy/Rakyat Merdeka).
Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata (kiri) dan Wakil Ketua Umum REI Bidang Komunikasi, Promosi dan Pameran Ikang Fauzi saat diskusi Perencanaan Pembangunan Ibu Kota Baru di, Jakarta, Rabu (22/5). (Foto: Novalliandy/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengestimasi pembangunan ibukota baru akan membutuhkan anggaran sekitar Rp 466 triliun. Namun dari kebutuhan tersebut, dana yang disiapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya sekitar Rp 30,6 triliun, dan itu pun bersifat multiyears. Untuk meringankan beban APBN, pemerintah akan menggandeng BUMN serta mengandalkan keterlibatan swasta antara lain melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengatakan, sebagai asosiasi pengembang perumahan terbesar di Indonesia, REI siap mendukung pemindahan dan pembangunan ibukota baru yang tengah disiapkan pemerintah di luar Pulau Jawa.

Baca juga : BNI Syariah Kembangkan LinkAja Syariah

Keterlibatan pihak swasta, juga makin menghemat pengeluaran negara dalam mengembangkan ibu kota baru nantinya."Swasta tidak perlu dari dana pemerintah. Kami bisa pakai equity dan dana bank. Sedangkan untuk pengembangan beberapa proyek skala besar kami bisa bentuk konsorsium. Pembiayaan enggak ada masalah, karena captive marketnya sudah jelas,” kata pria yang akrab disapa Eman itu.

Ia melanjutkan, anggota REI selama ini telah berpengalaman mengembangkan 34 kota baru di Jabodetabek, dengan luas areal rata-rata sekitar 60 ribu hektare. Hampir semuanya kini menjadi kota-kota baru yang mandiri termasuk menciptakan sentra-sentra pemerataan ekonomi masyarakat. 

Baca juga : AP I Alihkan Penerbangan Tambahan Dari Adisutjipto ke Bandara Baru Yogyakarta

Karenanya, REI tidak masalah bila diminta mendanai pembangunan fasilitas hunian dan komersial di ibukota baru. Setidaknya, ungkap dia, akan ada captive market sebanyak 1,5 juta orang di ibukota baru tersebut yang dari sisi properti pasti membutuhkan  rumah, kawasan komersil, hotel, ruang pertemuan, pusat perbelanjaan, sarana hiburan dan rekreasi, serta fasilitas kota lainnya. “Saya yakin pengembang tentu tertarik melihat captive marketnya yang besar,” ujar pengembang yang juga seorang perencana kota (planner) tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.