Dark/Light Mode

Warga Kepulauan Seribu Ikut Diklat DPM dan Basic Safety

Minggu, 6 Oktober 2019 21:01 WIB
Suasana Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Seribu yang dilaksanakan Ditjen Hubla, Minggu (6/10). (Foto: Dok Ditjen Hubla)
Suasana Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Seribu yang dilaksanakan Ditjen Hubla, Minggu (6/10). (Foto: Dok Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditjen Perhubungan Laut (Hubla), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Kepulauan Seribu mencatat sebanyak 324 orang warga di wilayah Kepulauan Seribu telah menyelesaikan Diklat Pemberdayaan Masyarakat angkatan I dan II. Diklat tersebut diselenggarakan atas kerja sama Ditjen Hubla dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda Jakarta Utara.

Kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Capt. Herbert E.P Marpaung, hadir lansung di acara itu. Dia menutup resmi Diklat Pemberdayaan Masyarakat angkatan ke II sekaligus mengantar langsung kepulangan peserta diklat ke Pelabuhan Muara Angke untuk menuju ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu Jakarta Utara, Minggu (6/10).

Baca juga : Secara Bertahap, PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Di Ambon Pasca Gempa

Herbert mengatakan, sebanyak 185 orang peserta DPM angkatan ke II yang berlangsung dari 2-6 Oktober 2019  ini merupakan warga Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Lancang, Pulau Pari, dan Pulau Sabira yang merupakan pulau paling terjauh di Kepulauan Seribu. "Dari jumlah 185 orang ini terdapat 9 orang perempuan yang mengikuti Diklat DPM angkatan ke II Kepulauan seribu yang mempunyai semboyan yaitu maju bersama hebat semua," bangga Herbert.

Herbert menyampaikan, Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu sangat berterima kasih ke STIP yang telah bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi para nakhoda dan kru kapal tradisional dengan memberikan pendidikan SKK 30 Mil dan Basic Safety Training (BST).

Baca juga : BNI Kelola Keuangan Semen Indonesia dengan Layanan Cash Management

Sebelumnya, Kantor KSOP kelas IV Kepulauan Seribu juga telah mengadakan penerbitan pas kecil sebanyak 756 kapal untuk kapal tradisional dan kapal penangkap ikan. Pada kesempatan tersebut, Herbert menegaskan bahwa perlunya menumbuhkan budaya keselamatan pelayaran itu dan menjadikannya sebagai tanggung jawab bersama. 

"Sudah 324 masyarakat Kepulauan seribu yang sudah mengikuti diklat ini. Angkatan I 139 orang dan angkatan II 185 orang peserta diklat dan peminatnya masih bertambah. Harapannya dengan diadakannya diklat ini bisa bermanfaat dari aspek legal diatas kapal-kapal kecil, kapal nelayan ataupun kapal penumpang. Juga mendapatkan peluang-peluang bekerja sebagai ABK di perusahaan swasta. Kepulauan seribu Maju Bersama, Hebat Semua," tutup Herbert. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.