Dark/Light Mode

Kikis Ketimpangan Di Indonesia

Pembangunan Wilayah Papua Menjadi Prioritas

Rabu, 19 Juni 2024 07:35 WIB
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. (Foto: X Kiyai_MarufAmin)
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. (Foto: X Kiyai_MarufAmin)

 Sebelumnya 
Penyusunan ini, menurut dia, akan menjadi payung hukum serta pedoman dalam proses perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan.

Selain itu, RIPPP akan di­gunakan saat tahap evaluasi percepatan pembangunan di Papua. Manfaat pembangunan jangka panjang yang kini sudah berjalan, akan bisa dirasakan masyarakat di sana 20 tahun ke depan.

Ma'ruf memastikan arah ke­bijakan pembangunan wilayah Papua ini juga telah diselaraskan ke dalam Rancangan Akhir Ren­cana Pembangunan Jangka Pan­jang Nasional Tahun 2025-2045.

Baca juga : Ridwan Kamil Bakal Patuh Arahan Golkar

“Desain dan kerangka perencanaan ini kami harapkan membawa semangat, paradigma dan terobosan baru dalam rangka mewujudkan lompatan kesejahteraan Papua dalam jangka panjang,” harapnya.

Mantan Rais Aam' Nahdlatul Ulama (NU) ini meyakini per­cepatan pembangunan Papua akan semakin terlihat dengan hadirnya Badan Pengarah Per­cepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau sering disebut dengan Badan Pengarah Papua (BPP).

Wapres menilai, keberadaan BPP berbeda dengan badan khu­sus Papua pada era sebelumnya.

Baca juga : Nahdliyin Jangan Terpancing

Keberadaan BPP melibatkan secara langsung perwakilan OAP dari setiap provinsi di wilayah Papua.

“Hal ini penting untuk me­mastikan agar OAP bisa ikut berpartisipasi langsung dalam berbagai kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan Papua,” ungkap Ma’ruf.

Menurut dia, pelibatan ma­syarakat adat penting dilakukan dalam setiap langkah pembangunan di tanah Papua.

Baca juga : Banteng Banten Masih Nunggu Restu Megawati

“Ke depan kita ingin agar pembangunan Papua ada ma­syarakat adat, terutama ketua kepala suku harus dilibatkan,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 19 Juni 2024 dengan judul Kikis Ketimpangan Di Indonesia, Pembangunan Wilayah Papua Menjadi Prioritas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.