Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajukan Permohonan Ke Jokowi Terkait G20

PM Kanada Nggak Mau Duduk Di Sebelah Putin

Sabtu, 2 April 2022 06:20 WIB
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan PM Kanada Justin Trudeau dalam Forum KTT G20, di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7). (Foto: Setkab).
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan PM Kanada Justin Trudeau dalam Forum KTT G20, di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7). (Foto: Setkab).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau nggak mau duduk berdekatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam Konferensi Tingkat Tinggi organisasi Group of Twenty (G20) di Nusa Dua, Bali, Oktober mendatang.

Trudeau sudah menyam­paikan permintaannya itu ke­pada Presiden Joko Widodo, selaku pemimpin KTT G20 pada Kamis (31/3).

Baca juga : MUI Lindungi Umat

Kanada merupakan salah satu negara yang menolak ke­hadiran Putin di G20. Namun, karena Indonesia memutuskan mengundang semua anggota tanpa pengecualian, Kanada menghormatinya.

Trudeau mengingatkan, kehadiran Putin di G20 akan membawa dampak buruk bagi kelancaran forum.

Baca juga : Kata Gibran, Jokowi Nggak Mau 3 Periode

“Itu akan menjadi masalah besar bagi banyak negara, ter­masuk Kanada. G20 adalah soal bagaimana kita mengelola dan mendorong pertumbuhan ekonomi dunia, “ kata Trudeu dikutip AFP, kemarin.

Trudeau menegaskan, invasi yang dilakukan Rusia ke Ukrai­na sudah menghambat pertum­buhan ekonomi dunia. Negeri Beruang Putih tidak mungkin bisa menjadi rekan konstruktif dalam mengelola krisis yang diciptakan negara itu atas agresinya sendiri di Ukraina.

Baca juga : Bertemu Park Byeong Seug, Jokowi Siap Perkuat Kerja sama RI- Korea Selatan

“Intinya, tak mungkin hal itu menjadi urusan biasa bagi Vladi­mir Putin yang hanya duduk di sekitar meja berpura-pura semuanya baik-baik saja. Kar­ena itu tidak baik-baik saja, itu salahnya,” semprot Trudeau.

Kehadiran Putin di G20 menjadi perbincangan publik usai Indonesia memutuskan mengundang semua negara organisasi ini. Sebagian negara anggota G20 meminta Putin jangan diundang karena agresi militernya di Ukraina. Mereka yang menolak di antaranya Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia. Bahkan, Presiden AS Joe Biden menyuarakan pengusiran Rusia dari G20.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.