Dark/Light Mode

Charlotte Bellis, Satu-satunya Jurnalis Perempuan Di Konpers Taliban

Kamis, 19 Agustus 2021 13:05 WIB
Charlotte Bellis (tengah) jurnalis Al Jazeera asal Selandia Baru, saat menghadiri konferensi pers Taliban di Kabul, Afghanistan, pada Selasa (17/8/2021) malam. [Foto: Tangkapan Layar Al Jazeera ]
Charlotte Bellis (tengah) jurnalis Al Jazeera asal Selandia Baru, saat menghadiri konferensi pers Taliban di Kabul, Afghanistan, pada Selasa (17/8/2021) malam. [Foto: Tangkapan Layar Al Jazeera ]

 Sebelumnya 
Dia bertanya, apakah perempuan Afghanistan dapat dijamin haknya untuk melanjutkan pekerjaan dan belajar. Juga, apakah pemerintah Taliban kembali mengunci perempuan dan anak-anak perempuan di rumah mereka dan menolak pendidikan atau pekerjaan untuk mereka, seperti yang terjadi 20 tahun lalu, ketika Taliban pernah berkuasa. Saat itu, perempuan juga dipaksa memakai burqa –pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

Tanya jawab ini spontan menjadi headline banyak media internasional, hanya dalam hitungan menit. Bahwa Taliban menyatakan, akan menjamin hak-hak perempuan, dalam batas-batas yang diizinkan oleh agama Islam.

Baca juga : KPK dan Bhayangkari Babel Ajak Organisasi Perempuan Lawan Korupsi

Mujahed mengatakan kepada Bellis, bahwa Imarah (Pemerintahan) Islam berkomitmen pada hak-hak perempuan, meski dalam kerangka syariah.

Terlepas bagaimana prakteknya nanti, jurnalis Negeri Kiwi ini pun dikomentari khalayak di dunia maya. "Ayo! Lebih berani lagi, Charlotte," tulis seorang pengguna Twitter.

Baca juga : Pandemi, Penyaluran KUR Pertanian Capai Rp 42,7 Triliun

"Terima kasih, Charlotte, tapi wow, saya tidak yakin dengan keselamatan perempuan mana pun," kata yang lain.

"Sangat bangga menyebut @CharlotteBellis sebagai rekan, perempuan desa, dan teman. Dia dan Tim Kabul kami melakukan pekerjaan yang luar biasa ... liputan terbaik dan terkini saat #Afghanistan meluncur kembali di bawah kendali Taliban," seorang rekan menambahkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.