Dark/Light Mode

Sukseskan Pusat Pasar Kerja

Sekjen Kemnaker: Pemangku Kepentingan Kudu Bersinergi

Rabu, 7 Juli 2021 18:15 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

 Sebelumnya 
Anwar menilai, di tengah perkembangan zaman, sistem informasi pasar kerja yang terintegrasi merupakan keniscayaan. Khususnya terintegrasi dengan data terkait kondisi industri.

Baca juga : Pusat Pasar Kerja, Ikon Baru Kemnaker

Hal itu diharapkan dapat menghasilkan data yang dapat membantu penyiapan tenaga kerja yang siap diserap industri. "Melalui sistem informasi pasar kerja nasional ini, kita optimis, ke depan dapat memiliki forecasting demand tenaga kerja yang tepat. Sehingga dapat mempersiapkan supply tenaga kerja lebih dini," tuturnya.

Baca juga : Menaker: Pengawas Ketenagakerjaan Kudu Pelototin Perusahaan dan Pekerja

Anwar mengungkapkan, banyak pihak yang mengharapkan kehadiran pusat pasar kerja. Bagaimana tidak, nantinya unit ini memiliki data ketenagakerjaan yang lengkap secara nasional. Dengan begitu, baik perusahan maupun masyarakat yang membutuhkan bisa terhubung.

Baca juga : Semoga Langkah Menkeu Berkah

Kemudian, Anwar menyebutkan unit itu memiliki berbagai panduan yang memudahkan para pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai bidangnya, sekaligus membantu meningkatkan kemampuan. "Maka dari itu banyak yang berharap kepada pusat pasar kerja ini, utamanya agar dapat menjadi hub atau jembatan bagi tenaga kerja dan peluang/kesempatan kerja yang ada," pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.