Dark/Light Mode

Menghemat Politik Identitas (33)

Islam Sebagai Agama Terbuka

Sabtu, 17 September 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Periode Khulafaur Rasyidin, Umar bin Khaththab banyak melibatkan non-muslim sebagai orang kepercayaan di dalam pemrintahannya. Umar pernah mengangkat staf kususnya dari bangsa Romawi yang non-muslim.

Baca juga : "Masuklah Melalui Pintu Yang Berbeda-beda"

Demikian pula Utsman bin ‘Affan, Ali bin Abi Thalib, dan sejumlah raja dari kerajaan Bani Umayyah dan Bani Abbas, juga melibatkan orang-orang non-muslim di dalam pemerintahan meraka. Kebanyakan di antara mereka para dokter, ahli bahasa dan penerjemah, dan kalangan ahli ten­tang suatu keterampilan.

Baca juga : Islamo Phoby: Cecak Atau Buaya?

Sejumlah nama besar non-muslim pernah berkibar di dalam pemerintahan dunia Islam, terutama dalam pemer­intahan Bani Abbas. Di antara nama-nama tersebut ialah Hunain bin Ishaq (Kristen), Sabit bin Qurra (animisme), dan Abu Bisr Matta bin Yunus (Kristen). Pemerintahan Bani Umayyah juga ada sejumlah nama non-muslim memegang peran penting, terutama di dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran.

Baca juga : Mengelola Bahasa Agama

Kehadiran orang-orang non-muslim di dalam pemer­intahan dunia Islam, baik di dalam struktur keluarga maupun dalam struktur pemerintahan merupakan sesuatu yang biasa. Mulai dari periode Nabi Muhammad SAW, khulafaur Rasyidin, Bani Umayyah, Bani Abbas, sam­pai Bani Utsman, tidak ada masalah dalam kehadiran orang-orang non-muslim. Justru kehadiran mereka ser­ing dimanfaatkan untuk mendekatkan dan menyatukan kelompok-kelompok yang berbeda di dalam masyarakat. Merangkul yang berserakan, menghimpun yang berbeda, dan mendekatkan yang jauh merupakan strategi da’wah Nabi Muhammad SAW.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.