Dark/Light Mode

Konsumsi Bubble Tea Berlebihan Picu Sakit Jantung Dan Diabetes

Senin, 15 Maret 2021 20:47 WIB
Praktisi kesehatan drg. Stephanie Cecillia Munthe. (Dok. Partai Gelora Indonesia)
Praktisi kesehatan drg. Stephanie Cecillia Munthe. (Dok. Partai Gelora Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konsumsi bubble tea ternyata harus hati-hati. Jangan terlalu banyak karena bisa memicu sakit jantung dan diabetes.

Praktisi kesehatan drg. Stephanie Cecillia Munthe, menuturkan bubble tea yang berisi boba atau bola-bola tapioka bahaya bagi kesehatan.

Sebab, dampak dari mengkonsumsi minuman boba ini, kadar kalori dan gula di dalam tubuh akan meningkat secara drastis, yang merupakan efek tidak baik bagi jantung.

"Seharusnya kita lebih aware mengenai bahaya boba bagi kesehatan, terutama untuk anak-anak. Sebagai praktisi kesehatan, kami hanya kasih tahu resikonya konsumsi boba, jangan terlalu sering-sering," kata Stephanie dalam acara 'Ngrumpi Gelora' yang diselenggarakan Bidang Perempuan DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, dikutip Senin (15/3).

Baca juga : Ini Alasan Lansia Jangan Ragu Divaksin

Stephanie yang juga Host Metro l-Care di Metro TV ini menilai bubble tea sebagian besar menggunakan bahan sukrosa atau gula sintetis sebagai pemanisnya, dan tidak baik bagi kesehatan.

Disamping itu, satu gelas bubble tea diperkirakan mengandung 50 mg gula, padahal jumlah tersebut adalah total kebutuhan gula yang diperlukan tubuh.

"Kebutuhan gula di dalam tubuh kita itu 50 mg, itu sudah dipenuhi oleh boba, padahal glukosa juga terdapat pada makanan-makanan yang kita konsumsi. Bisa kita bayangkan, kalau kita minum boba bisa sampai 3,4 atau 5 gelas dalam sehari, bisa terjadi peningkatan gula dalam tubuh kita," katanya.

Mantan None Jakarta 2017 ini menilai meminum bubble tea sekarang sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia, terutama remaja dan anak-anak. Karena kemudahan untuk mendapatkannya.

Baca juga : Sandiaga Kebut Bangun Desa Wisata

"Teknologi sekarang memudahkan untuk mendapatkan boba, banyak promo beli satu gratis saja dan harganya murah. Bahayanya bagi anak-anak yang kalau bosan ya jajanannya boba. Boba sudah jadi lifestyle," katanya.

Lifestyle tersebut, lanjutnya, ternyata menimbulkan permasalahan tersendiri pada saat pandemi Covid-19 saat ini, yakni munculnya peningkatan penyakit diabetes.

"Kalau terus-terusan konsumsi boba bisa picu diabetes. Sampai sekarang menjadi permaslahan juga pada saat pandemi menjadi komorbid, penyakIt penyerta kematian pada Covid-19. Itu dimulai rdari lifestyle sepele dari minum boba," terangnya.

Stephanie menambahkan, boba juga mempercepat karies gigi pada anak-anak. Jika tidak dibersihkan akan menyebabkan gigi berlubang di sana-sini. Boba memicu peningkatan bakteri patogen di rongga mulut yang mempercepat gigi berlubang.

Baca juga : Menteri Nurbaya Beberkan Upaya Penurunan Deforestasi

"Paling tidak 6 bulan sekali ke dokter gigi, dibersihkan karang-karangnya. Boba meningkatkan bakteri patogen dan membuat gigi kita cepat berlubang. Resiko gigi berlubang semakin besar, kalau kita sering minum boba," katanya.

Ketua Bidang Perempuan DPN Partai Gelora Indonesia Ratih Sanggarwati menilai sebetulnya banyaknya penjual bubble tea menunjukkan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) itu tumbuh.

Tapi di sisi lain dia mengingatkan agar ritme konsumsi jajanan seperti itu bisa diatur sehingga tidak berlebihan.

"Tentu bahaya dampak negatif tidak boleh diabaikan oleh kaum perempuan, tetap kita harus menyikapi secara bijaksana," kata Ratih. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.