Dark/Light Mode

Siswa Tewas Akibat Jatuh Dari Lantai 4

Semua Gedung Sekolah Di DKI Dievaluasi Dong!

Sabtu, 30 September 2023 07:30 WIB
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Petukangan Utara 06. (Foto: Ist)
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Petukangan Utara 06. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus segera mengevaluasi keamanan seluruh gedung sekolah di Ibu Kota. Jangan sampai musibah siswa tewas akibat jatuh dari lantai 4 di gedung sekolah terjadi lagi.

Musibah siswa jatuh dari lantai 4 terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Petukangan Utara 06, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Basri Baco mengatakan, jatuhnya siswa kelas 6 SDN Petukangan Utara 06 itu terjadi karena bangunan sekolah tidak memenuhi standar keamanan.

Baca juga : PKB Dan Demokrat Berjodoh Di Sulteng

“Sekolah itu tidak punya pengamanan terhadap anak. Seharusnya sudah terpikirkan, sudah jadi perhatian khusus, karena konsep sekolah kita ke depan tinggi-tinggi (gedung ber­tingkat) semua,” kata Baco.

Ketua Fraksi Golkar ini minta, Pemprov DKI membuat pembatas yang tinggi agar tidak ada lagi siswa yang jatuh dari atas gedung.

“Sekalipun ada anak menco­ba-coba ingin lompat, nggak akan bisa,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Celah Bibir Dan Langit-Langit, UGM Turun Langsung Ke Kalimantan

Jatuhnya siswa SDN Petu­kangan Utara 06, lanjut Baco, menjadi alarm untuk Pemprov DKI Jakarta yang saat ini tengah gencar merevitalisasi bangunan sekolah. Ditegaskannya, revi­talisasi dilakukan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya tampung, namun harus memastikan keamanan siswa.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta berjanji akan terus mengawal insiden terjatuhnya siswa SDN Petukangan Utara 06. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI Jakarta Purwosusilo menuturkan, dari hasil olah TKP dan keterangan saksi yang dikumpulkan pihak kepoli­sian, korban sedang bermain di dekat pilar gedung lantai empat bersama teman-temannya lalu terpeleset dan jatuh.

“Polisi menyatakan bahwa kejadian ini murni kecelakaan dan bukan aksi bunuh diri atau akibat dari perundungan,” kata Purwosusilo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.