Dark/Light Mode

Intensitas Hujan Meningkat

Jalanan Di Ibukota Kerendam Banjir

Kamis, 4 Februari 2021 06:47 WIB
Genangan air terjadi di Jalan Hibrida, Kelapa Gading, Jakarta Utara setelah diguyur hujan, Rabu (3/2/2021) pagi. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)
Genangan air terjadi di Jalan Hibrida, Kelapa Gading, Jakarta Utara setelah diguyur hujan, Rabu (3/2/2021) pagi. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

 Sebelumnya 
Pemprov DKI Jakarta juga melakukan terobosan baru, membuat sodetan kali/sungai. Sodetan ini bisa mengatur keluar masuknya air, agar tidak menggenangi sebuah tempat atau pemukiman penduduk.

“Jadi itu beberapa upaya yang berbeda dari sebelumnya. Di samping upaya lainnya yang sudah dilakukan, seperti, normalisasi, naturalisasi, menyiapkan pompa stationer dan pompa mobile,” ungkapnya.

Siagakan 470 Pompa
 
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 470 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi dengan kapasitas bervariasi telah disiagakan. Mengutip akun YouTube resmi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, total pompa yang disiagakan di Jakarta Barat sebanyak 132 unit, tersebar di 46 lokasi. Kemudian, Jakarta Utara 126 unit pompa, yang tersebar di 48 lokasi. Jakarta Selatan terdapat 86 pompa, yang tersebar di 40 lokasi, Jakarta Pusat sebanyak 87 unit, yang tersebar di 23 lokasi, dan, Jakarta Timur sebanyak 39 unit, yang tersebar di 21 lokasi.

Baca juga : BGS: Realokasi Anggaran Di Luar Kemenkes Bisa Jadi Opsi

Pelaksana harian (Plh) Walikota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi telah meninjau Rumah Pompa Rajawali Selatan dan Industri di wilayah Gunung Sahari, Sawah Besar.

Irwandi mengklaim, keberadaan Rumah Pompa Industri dan Rumah Pompa Rajawali Selatan mampu mengatasi genangan di Jalan Gunung Sahari. Nanti, pihaknya akan mengevaluasi saat hujan besar di kawasan Jalan Gunung Sahari.

Berdasarkan standar Key Performance Indicator (KPI) penanganan banjir, paparnya, tidak boleh ada genangan di wilayah Jakpus lebih dari enam jam, tidak boleh ada korban jiwa, serta tidak boleh ada genangan jalur-jalur prioritas nasional.

Baca juga : Penularan Covid-19 Meningkat, Masyarakat Jangan Kendor Terapkan 3M

Selain itu, Irwandi mengaku, sudah mengarahkan agar kecamatan, kelurahan, serta Sudin Sosial menyiapkan lokasi pengungsian sesuai dengan protokol kesehatan.

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Saiful menerangkan, pompa berkapasitas 1.000 liter per-detik ini mampu menjangkau pemukiman di sekitar Jalan Gunung Sahari, serta sisi Barat, dan Timur.

“Saat ini kita juga sedang uji coba. Hujan besar beberapa hari lalu, pompa ini langsung difungsikan. Alhamdulillah tidak ada genangan di sini. Kita akan cek nanti saat hujan turun, mudah-mudahan tidak dapat kiriman dari Sungai Ciliwung,” tutupnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.