Dark/Light Mode

Prabowo-Imin-Ganjar Keliling Kiai, AHY Sowan Ke Airlangga, Foto Anies Mejeng Di DIY

Musim Pilpres Makin Semarak

Senin, 9 Mei 2022 07:59 WIB
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Berbeda dengan Prabowo, Imin, dan Ganjar yang menemui para kiai, AHY memilih memanfaatkan momen Lebaran untuk bertemu Airlangga Hartarto. Pertemuan digelar di rumah dinas Airlangga, di Kompleks Widya Chandra 3, Jakarta Selatan, Sabtu siang lalu. AHY datang didampingi istrinya, Annisa Pohan. Pertemuan itu berlangsung sekitar 30 menit. AHY menyampaikan, pertemuan itu dalam rangka memperpanjang hubungan baik.

Airlangga menyambut baik kedatangan AHY ini. Dia mengatakan, pintu untuk berkoalisi antara Golkar dengan Demokrat selalu terbuka. Apalagi, kebersamaan Golkar dan Demokrat sudah terjalin lama, yaitu sejak Golkar mendukung SBY. "Jadi, sudah ada track recordnya. Kerja sama yang baik," katanya.

Baca juga : Prabowo Dan Ganjar, Paling Dijagokan Gen Z Dan Milenial Di Pilpres 2024

Sementara itu, baliho ucapan selamat Idul Fitri yang dihiasi wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat di sejumlah daerah. Seperti Banten, Yogyakarta, bahkan sampai Aceh. Salah satu baliho bergambar foto Anies itu terlihat di Jalan Ir Juanda Ciputat, Tangerang Selatan. Dalam papan iklan raksasa itu, Anies tampil dengan mengenakan koko putih, peci hitam, dengan sehelai sorban melingkar di pundaknya. Di atas fotonya tertulis “Minal Aidzin Wal Faidzin”.

Di Aceh, baliho Anies dipasang Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES). Koordinator Presidium ANIES, La Ode Basir mengatakan, pihaknya memang berinisiatif memasang baliho itu untuk menyosialisasikan figur Anies kepada masyarakat. Basir mengungkapkan, biaya cetak dan pemasangan media publikasi Anies di seluruh Indonesia dilakukan secara sukarela oleh para relawan. "Mereka mau berkorban demi hadirnya pemimpin yang diidamkan," kata Basyir, kemarin.

Baca juga : Akbar Tandjung Harap Airlangga Hartarto Menang Pilpres 2024

Melihat semua hal ini, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, musim Pilpres sudah datang lebih awal. Para tokoh sudah tak malu-malu lagi melakukan safari. Menurut dia, wajar kalau publik menilai, kunjungan-kunjungan dan pemasangan baliho itu untuk kepentingan  Pilpres 2024.

"Lebaran memang momentum yang pas untuk menjalin silaturahmi politik. Kalau kemarin masih malu-malu, sekarang sudah tancap gas," kata Ujang, saat dikontak, kemarin.

Baca juga : Airlangga Didoakan Ibu-Ibu Di Solo Jadi Presiden 2024

Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo. Dia melihat, para kandidat sudah harus mulai bergerak menaikkan elektabilitas. Jadi wajar, kalau momen Lebaran ini seperti musim Pilpres.

"Kalau Pak Prabowo, jelas untuk menarik partai koalisi, Pak Ganjar ya PDIP, untuk bisa mendapatkan tiket berkompetisi di Pilpres 2024. Begitu juga dengan Anies," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.