Dark/Light Mode

Polemik Pencopotan Jabatan Direktur Penyelidikan

Akhirnya Brigjen Endar Bisa Injak KPK Lagi, Tapi...

Jumat, 5 Mei 2023 07:30 WIB
Mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro usai diminta klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro usai diminta klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Brigadir Jenderal Polisi Endar Priantoro akhirnya bisa menginjak Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi. Bukan untuk ngantor, melainkan menjalani pemeriksaan.

Mantan Direktur Penyelidikan KPK itu hendak dikorek menge­nai asal usul harta kekayaannya. Bukan Endar hanya, istrinya juga diminta datang.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan, pihaknya memanggil Endar untuk kepentingan klarifikasi harta yang dicantumkan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Pemeriksaan klarifikasi ini kedua kalinya. “Ya, hari ini Endar (klarifikasi LHKPN),” ujarnya lewat pesan tertulis Kamis (4/5).

Baca juga : KPK: Pemberhentian Brigjen Endar Sudah Sesuai Aturan

Pahala pun tak bersedia mem­beberkan materi klarifikasi. Termasuk dugaan keterkaitan dengan gaya hedon istri Endar.

Gaya hidup mewah atau pamer kekayaan itu viral di media sosial. Dalam foto, tampak Endar dan istrinya liburan ke luar negeri menggunakan helikopter carter­an. Keduanya berfoto denganla­tar belakang pegunungan salju.

Selain foto tersebut, beredar pula gambar istri Endar berpose dengan para koleganya. Mereka berfoto mengenakan pakaian ser­ba mahal dan perhiasan mewah.

Baca juga : Sekjen Dan Kabiro SDM Dilaporkan Ke Polisi

Kemudian, foto lain menampilka istri Endar sedang main golf bersama seorang pria berkaosdan memakai topi biru. Dalam pesan yang diviralkan tersebut, pemosting menyebut pergaulan istri jenderal bintang satu kepolisian itu diduga dekat dengan para selebritis.

“Soal materi tidak bisa disampaikan.Nanti aja lihat hasil klarifikasinya lebih dulu,” kata Pahala.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Menurutnya, klarifikasi LHKPN masih berlangsung.

Baca juga : Jokowi: Semua Ada Aturannya

Endar datang bersama istrinya ke KPK. Mereka kompak mengenakan batik kecokela­tan. “Alhamdulillah sehat, data saja (yang dibawa),” ujar Endar bergegas masuk.

Sebelumnya, Endar pernah diperiksa KPK pada 21 Maret 2023. Pemeriksaan juga berku­tat seputar kiprah istrinya yang viral di media sosial karena pamer kekayaan.

Berdasarkan laporan kekayaan yang dilaporkan Endar ke KPK, dia tercatat memiliki kekayaan Rp 5,6 miliar. Kekayaan itu ter­diri dari lima bidang tanah dan bangunan senilai Rp 4,1 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.