Dark/Light Mode

Cegah Rakyat Menderita Gara-gara PPKM Darurat

Penyaluran Bansos Kudu Tepat Sasaran

Senin, 5 Juli 2021 05:10 WIB
Ilustrasi. Pekerja membawa paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang. (Foto : Antara).
Ilustrasi. Pekerja membawa paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang. (Foto : Antara).

 Sebelumnya 
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan difokuskan untuk membantu masyarakat terbawah.

Bantuan Sosial Tunai (BST) akan diperpanjang dua bulan untuk 10 juta penerima man­faat. Anggaran yang dialokasi­kan sebesar Rp 6,1 triliun,” tulis Ani-sapaan akrab Sri Mulyani dalam akun Instagramnya, kemarin.

Baca juga : Luhut: 2 Minggu Ini Masa Kritis

Tidak hanya itu, Ani me­nyampaikan, stimulus dis­kon listrik bagi pelanggan rumah tangga dan subsidi biaya abodemen bagi pelaku usaha, juga akan diperpanjang sampai September 2021. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 2,33 triliun.

Ani menegaskan, Pemerintah akan terus melakukan percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Baca juga : Hari Pertama PPKM Darurat, Luhut Blusukan Ke Bandara Soekarno-Hatta

“Hal ini diharapkan dapat memberikan ketahanan sosial bagi masyarakat yang sangat terdampak akan pelaksanaan PPKM Darurat,” katanya.

Untuk kalangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Me­nengah), lanjut Menkeu, Pemer­intah menambah target penerima bantuan produktif hingga 3 juta penerima. Program Kartu Prak­erja juga akan dilanjutkan.

Baca juga : Hari Pertama PPKM Darurat, Polda Jatim Berangkatkan Patroli Show Of Force

“Tambahan dukungan APBN untuk PPKM Darurat akan terus dikomunikasikan dengan Menteri terkait sehingga dana APBN tepat sasaran dan efektif dalam penyalurannya,” tutup­nya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.