Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setelah KPK Koar-koar

Ada Yang Khawatir Masiku Kabur Lagi

Kamis, 26 Agustus 2021 07:20 WIB
Harun Masiku. (Foto: Istimewa)
Harun Masiku. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap KPK yang buka-bukaan soal posisi Harun Masiku ada di luar negeri, justru membuat banyak orang waswas. Banyak yang khawatir, dengan koar-koarnya KPK tersebut, eks Caleg PDIP yang menjadi buronan kasus korupsi suap Pergantian Antar-Waktu (PAW) anggota DPR itu, kabur lagi ke tempat lain, ke negara lain atau entah ke mana.

Keberadaan Masiku di luar negeri sebelumnya diungkap Deputi Penindakan KPK, Karyoto. Dia menyebut, Masiku sudah terendus sebelum Kepala Satgas KPK nonaktif, Harun Al Rasyid, mengklaim mengetahui informasi keberadaan buronan penyuap mantan anggota KPU Wahyu Setiawan, itu.

Baca juga : Masiku Ada Di Luar Negeri

Namun, karena alasan pandemi Covid-19, KPK belum bisa menangkap Masiku. "Karena tempatnya tidak di dalam (negeri), kita mau ke sana juga bingung. Pandemi sudah berapa tahun," kata Karyoto, dalam konferensi pers, Selasa (24/8).

Langkah KPK ini membuat Anggota Komisi III DPR, Hinca Panjaitan, agak heran. Sebab, jika koar-koar KPK didengar Masiku, dia akan kabur lagi ke tempat lain. “Aparat penegak hukum yang ditugaskan untuk menangkap akan digocek oleh target operasi,” ucap mantan Sekjen Partai Demokrat ini.

Baca juga : Sekjen MPR: Sidang Tahunan Rawat Demokrasi Dan Kedaulatan Rakyat

Mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, menganggap langkah Karyoto blunder. Langkah tersebut sama saja dengan memberi tahu Masiku untuk segera menghindar dan cari tempat persembunyian baru.

“Padahal, bukankah KPK bisa berkoordinasi dengan penegak hukum di mana buron berada untuk mencokoknya?” ucap pria yang akrab disapa BW ini.

Baca juga : Kuasa Hukum: Tidak Ada Uang Suap Mengalir Ke Juliari Batubara

Sementara, Anggota Komisi III DPR Santoso meminta KPK tidak cuma bisa berkoar-koar. KPK harus membuktikan bisa menangkap Masiku.

Dia menegaskan, jika KPK kembali gagal, sama saja tidak serius dalam memburu Masiku. "Kekecewaan masyarakat akan semakin meluas atas performa KPK," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.