Dark/Light Mode

Menkes Bilang, Butuh Waktu Panjang Hilangkan Pandemi

5 Tahun Terlalu Cepat, Ada Yang Sampai Ratusan Tahun

Senin, 15 November 2021 07:25 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Setpres)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
“Untuk menghadapi pandemi, apa pun tujuan utamanya adalah mengurangi laju penularan,” tegas Budi.

Dia kembali menegaskan, meski level situasi pandemi di Indonesia sudah mulai menurun, bukan berarti kasus selesai. Soalnya, kenaikan kasus masih bisa terdeteksi di beberapa kabupaten atau kota.

Baca juga : Cek Ke Lapangan, Harga PCR Ada Yang Naik Berlipat Ganda

“Perlu peningkatan pengawasan kasus harian untuk pencegahan agar tidak terjadi kenaikan level situasi pandemi,” ingatnya.

Diingatkannya juga, protokol kesehatan wajib menjadi kebiasaan yang tidak boleh dihentikan selama kasus pandemi belum berakhir.

Baca juga : Bos Badan Pangan Belum Ada, Gebrakannya Sudah Ditunggu

“Protokol kesehatan juga perlu dikuatkan dengan aplikasi PeduliLindungi pada berbagai sektor publik untuk skrining pengunjung yang tidak sehat,” tuturnya.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini juga menekankan, tingkat sekolah juga perlu menguatkan protokol kesehatan dengan aplikasi Sekolah Aman dan Madrasah Aman.

Baca juga : Pandemi Mulai Terkendali, APBN 2022 Jangan Banci

“Ini diperlukan untuk membantu memonitor pelaksanaan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya. [JAR/BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.