Dark/Light Mode

Bawaslu Ajak Kaum Muda Awasi Konten Media Sosial

Sabtu, 25 Maret 2023 06:45 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Antara).
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Dia bilang, Kominfo yang mempunyai wewenang untuk melakukan pemblokiran ketika ditemukan adanya ujaran negatif di medsos.

“Atas masukan dari kami dan be­berapa stakeholder yang lain, konten bisa diblokir,” tandasnya.

Baca juga : Bertemu Jokowi, Ketum Solmet Minta Moratorium PMI Ke Malaysia

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Gatot Repli Handoko me­nambahkan, Polri tidak bisa bergerak sendiri menghadapi penyebaran hoax dan disinformasi di medsos. Untuk itu, Polri dan pegiat medsos bersama-sama mem­berikan literasi kepada masyarakat.

“Polri membutuhkan kerja sama dan partisipasi seluruh pegiat media digital (Polri dan Non Polri) dalam menjaga kedamaian di ruang digital, baik menje­lang, selama, dan pasca Pemilu 2024,” ujarnya.

Baca juga : Ada 59.478 Ketidaksesuaian Prosedur Dalam Proses Coklit

Kerja sama ini, kata Gatot, untuk pen­anganan disinformasi, terutama mengan­tisipasi maraknya hoax untuk mencegah polarisasi.

Dia berharap, medsos dipenuhi konten positif yang bersifat edukatif dan infor­matif serta isu-isu terkini dan bersifat nasional.

Baca juga : Di Balik Kisah Sukses Konten Kreator Romario Kusno

“Kami mengajak pegiat medsos men­gajak masyarakat sadar dalam menjaga kedamaian ruang digital. Apabila me­nemukan konten yang diprediksi akan membuat gaduh dalam masyarakat terkait isu sara dan polarisasi, silakan melakukan pelaporan,” terangnya. ■

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.idMari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian joinAnda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.