Dark/Light Mode

Diragukan Kecipratan Berkah Elektoral Capres

PAN Dan Ka’bah Tutup Mata

Rabu, 1 November 2023 07:30 WIB
Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo. (Foto: Ist)
Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Senada, Ketua DPP PPP, Ach­mad Baidowi mengatakan, pi­haknya tetap bekerja keras melo­loskan partai melampaui ambang batas parlemen. “Dalam sejarah survei, PPP kan selalu dibilang tak pernah lolos parlemen di se­tiap Pemilu, tapi buktinya lolos. Karena mereka mengamatinya bukan pas Pemilu,” kata Awiek, sapaan akrabnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Mantan wartawan itu mene­gaskan, prediksi minor dari berbagai lembaga survei dan pengamat, akan menjadi pil dan obat penambah energi pasukan Ka’bah.

Baca juga : Ayam Kodok Dan Laksamana Mengamuk Di Meja Istana

“Kami jadikan semangat membalikkan prediksi-prediksi itu. Saya yakin, Capres maupun Cawapres yang kami dukung akan menambah suara kami. Apalagi keduanya masih satu irisan dengan PPP,” tegasnya.

Sebelumnya, pakar politik sekaligus akademisi Universitas Bengkulu, Panji Suminar meni­lai PAN dan PPP tidak mendapat­kan efek ekor jas dari sosok Capres yang diusung keduanya.

Baca juga : TPN Ganjar-Mahfud: Siap Hadir

“PAN tidak dapat efek ekor jas dari sosok Prabowo Subianto dan PPP tidak dapat efek Ganjar Pranowo,” katanya, di Beng­kulu, Senin (30/10/23).

Alasannya, Prabowo eksklusif dan melekat kuat sebagai fig­urnya Partai Gerindra. Ganjar juga dinilai lebih eksklusif dan melekat di PDI Perjuangan saja.

Baca juga : Bakal Caleg PAN DKI Pamer Punya Usaha

Belum lagi, ternyata akar rumput PPP dan PAN pilihannya berbeda dengan keputusan DPP. Akar rumput kedua partai ini lebih condong mendukung Cap­res Anies Baswedan. Sehingga, partai politik yang mendapatkan efek ekor jas Capres dukungan­nya dalam Pilpres 2024, praktis hanya PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PKB, dan PKS.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 1/11/2023 dengan judul Diragukan Kecipratan Berkah Elektoral Capres, PAN Dan Ka’bah Tutup Mata

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.