Dark/Light Mode

Anang Dorong Parlemen Diisi Kalangan Profesional

Selasa, 22 Juni 2021 16:52 WIB
Mantan Anggota DPR Anang Hermansyah. (Foto: Ist)
Mantan Anggota DPR Anang Hermansyah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan anggota DPR yang juga musisi Anang Hermansyah mengusulkan agar parlemen diisi kalangan profesional dari berbagai sektor.

Dengan begitu, mereka mampu menjalankan fungsi konstitusional dengan baik. "Bukan hanya politisi, DPR harus diisi oleh kalangan ahli," ujar Anang di Jakarta, Selasa (22/6).

Baca juga : Dukung IKAPPI, Bamsoet Dorong UU Perlindungan Pedagang Pasar Tradisional

Musikus asal Jember ini menguraikan secara teoritis, parlemen di era modern berasal dari tiga sumber, yakni perwakilan partai politik (political representation), perwakilan daerah (teritorial representation) dan perwakilan para ahli (functional representation). "Nah, wakil dari para ahli itu sejatinya merupakan functional representation," tuturnya.

Praktik parlemen di Indonesia hanya diwakili dari dua sumber saja, yakni perwakilan partai politik (DPR RI) dan perwakilan daerah (DPD RI).

Baca juga : Pertagas Dorong Mitra Binaan Lakukan Inovasi Penjualan Produk Pertanian

Perwakilan dari partai politik dan perwakilan daerah ini, kadang memang diisi kalangan ahli. "Tapi sifatnya tidak by design, hanya kebetulan saja," tambah vokalis band Kidnapp Katrina itu.

Akibatnya, kata Anang, wajah parlemen di Indonesia lebih kuat di sisi politiknya yang merupakan representasi kekuatan partai politik. Tapi, lemah dari perdebatan substansial yang fokus pada pokok persoalan.

Baca juga : Gandeng Kedubes UEA, UAI Dorong Peran Perempuan di Kancah Lokal dan Global

"Sebut saja, saat saya di DPR membahas RUU Permusikan, pembahasannya betul-betul perkara substansi permusikan. Sama sekali tidak menyentuh pada urusan kepentingan partai. Bahwa prosesnya melalui jalur politik, itu sebuah keniscayaan," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.