Dark/Light Mode

Perkuat Sinergi BUMN, Telkomsel Bantu Digitalisasi Operasional Pegadaian Dan KAI

Selasa, 1 Oktober 2019 16:57 WIB
Logo Telkomsel. (Foto: Ist)
Logo Telkomsel. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel berkomitmen untuk terus mendorong transformasi digital pada semua sektor industri. Salah satunya, Anak usaha Telkom ini akan membantu digitalisi operasional Pegadaian Dan Kereta Api Indonesia (KAI)

Vice President Synergy Management Telkomsel, R. Hermanses mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel untuk berkolaborasi bersama BUMN lain dalam melakukan transformasi ekosistem digital pada unit bisnis dengan meningkatkan nilai tambah perusahaan. Kerja sama ini bertujuan agar memberikan layanan terdepan bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, dalam Sinergi BUMN ini, Telkomsel juga akan menjadi penyedia solusi kebutuhan komunikasi perusahan melalui layanan solusi bisnis berbasis digital bagi Pegadaian dan afiliasinya. “Telkomsel berkomitmen untuk terus memberikan solusi bisnis korporasi berbasis teknologi digital terdepan melalui unit Telkomsel Enterprise yang diharapkan dapat membantu Pegadaian dalam melakukan efisiensi di kegiatan operasionalnya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (1/10).

Hermanses menambahkan, ruang lingkup kolaborasi antara Telkomsel dengan Pegadaian akan meliputi beberapa hal, termasuk di antaranya menyediakan layanan solusi bisnis menggunakan produk Telkomsel DigiAds yang digunakan Pegadaian untuk mempromosikan produk dan layanannya. Untuk mendukung kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian emas secara digital di Pegadaian Telkomsel menghadirkan unit bisnis layanan keuangan elektronik LinkAja. 

Baca juga : Pemerintah Pusat Bersinergi Kendalikan Karhutla, Peran Daerah ?

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan solusi berbasis Internet of Thing (IoT) melalui layanan fleet sight untuk kendaraan operasional dan manage service connectivity offices, serta menyediakan modern channel untuk transaksi trade-in bundling device 4G dan menyediakan ganti kartu 4G di lingkup kantor Pegadaian.

Menurut dia, kolaborasi lintas industri antara Telkomsel dengan Pegadaian ini diharapkan dapat menginspirasi BUMN lainnya untuk terus bergerak maju dan saling mengakselerasikan negeri melalui aksi korporasi yang nyata. “Telkomsel siap mendukung BUMN lain dari berbagai sektor industri melalui solusi yang mampu menghadirkan solusi untuk efisiensi dan produktivitas perusahaan dalam upaya peningkatan serta perluasan layanan secara berkesinambungan bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri,” ujarnya.

Kerja Sama KAI

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh KAI dalam pemanfaatan solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT dari Telkomsel. 

Baca juga : Pertamina Bekali Operator SPBU dengan Pelatihan Keselamatan Kerja

“Implementasi teknologi IoT milik Telkomsel ke dalam ekosistem digital KAI merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung terwujudnya visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia,” ujarnya.

Melalui unit Telkomsel Enterprise, Telkomsel menghadirkan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) yang kemudian dikembangkan dan dikustomisasi oleh KAI dan Telkomsel menjadi solusi baru dengan nama GRAMS, atau Genset Reliability and Availability Monitoring System. Solusi ini berfungsi untuk memonitoring performance dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real time sehingga dapat dilakukan pencegahan problem sebelum terjadi dan dapat memprediksi jadwal maintenance yang akan dilakukan. 

Sejumlah faktor pada kereta pembangkit yang dapat GRAMS pantau meliputi efisiensi kelistrikan (faktor daya, voltase, arus listrik), kondisi mesin (suhu, tekanan oli, rpm), status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi. Efisiensi menjadi salah satu aspek penting dalam merevitalisasi industri sebagai upaya untuk mengakselerasikan Revolusi Industri 4.0 di Tanah Air. 

Menurut dia, kolaborasi KAI dengan Telkomsel mengimplementasikan teknologi IoT sebagai fondasi efisiensi terhadap aplikasi GRAMS. Hal tersebut dilakukan agar dapat membantu mengakselerasikan revitalisasi sektor transportasi Indonesia, yang dalam hal ini adalah kereta api.

Baca juga : Terus Lestarikan Budaya, Kamus Digital Bali Raih Penghargaan UNESCO

Dalam implementasinya, INTANK akan menjadi solusi untuk menyajikan informasi dari perangkat pengendali otomatis programmable logic controller (PLC), yang termasuk di dalam ekosistem aplikasi GRAMS, pada kereta pembangkit KAI secara online dan real-time. Penggunaan dari teknologi IoT tersebut mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional PT KAI demi meningkatkan pelayanan bagi seluruh pengguna kereta api di Indonesia.

Selain mendorong efisiensi pada operasional KAI, INTANK juga dapat menghadirkan rasa aman dengan adanya sistem diagnosa untuk membantu meminimalisir biaya tak terduga serta sistem peringatan yang terus berjalan sepanjang hari agar aset yang diawasi senantiasa terjaga. Keamanan memang menjadi salah satu faktor penting dalam penerapan teknologi IoT. [DIT]

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.