Dark/Light Mode

Percepat Transformasi Digital

Telkom Sulap NTB Jadi Lombok Modern Broadband Island

Jumat, 6 Maret 2020 10:35 WIB
Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Ariyadi (tengah) mewakili Gubernur NTB usai peresmian Lombok Modern Broadband Island di Mataram, Kamis (5/03).
Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Ariyadi (tengah) mewakili Gubernur NTB usai peresmian Lombok Modern Broadband Island di Mataram, Kamis (5/03).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah kena semprot Menteri BUMN, Telkom yang dipimpin Ririek Adriansyah  terus berbenah. Transformasi digital terus dilakukan. 

Langkah ini sejalan dengan industri 4.0 untuk meningkatkan daya saing bisnis di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Kali ini, operator merah putih meresmikan Lombok Modern Broadband Island di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Kamis (5/03).

Peresmian dihadiri oleh Sekda Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariyadi mewakili Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, bersama Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin.

Modern Broadband Island ini sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan digitalisasi di Indonesia, serta memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat NT.B

Baca juga : Daerah Perlu Penerapan Transportasi Massal, Contohlah MRT Jakarta

Dalam sambutannya, Sekda NTB, Ariyadi menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas kehadiran konektivitas fiber optic Lombok Modern Broadband Island. 

Menurutnya, infrastruktur telekomunikasi ini akan dapat mendukung aktivitas karyawan Pemda, peningkatan perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat NTB.

“Adanya modernisasi jaringan dapat mendukung penerapan sistem yang terintegrasi di lingkungan pemda, mulai dari provinsi, Kabupaten dan kota. Karyawan Pemda bisa bekerja secara online dari mana saja. Infrastruktur berbasis fiber optic yang disediakan Telkom ini diharapkan dapat membantu Pemda Lombok untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,”  terang anak buah Zulkieflimansyah ini.
 
Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin menjelaskan, Lombok Modern Broadband Island merupakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi modern berbasis teknologi fiber optic. 

“Pembangunan infrastruktur merupakan satu dari lima aspek utama yang menjadi fokus pemerintah untuk memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan global,” ujarnya.

Menjawab tantangan ke depan, operator merah putih ini secara agresif membangun infrastruktur telekomunikasi di seluruh pelosok Indonesia. Telkom juga  memastikan konektivitas dan akses informasi dapat diperoleh secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Baca juga : Tahun Baru, Trafik Data Telkomsel Naik 16 Persen

Saat ini, satu kota dan empat kabupaten Lombok, menurut Zulhelfi telah dapat menikmati akses internet broadband melalui fiber optic.

Guna mewujudkan digitalisasi serta memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, Telkom melakukan modernisasi jaringan telekomunikasi dengan menggunakan teknologi berbasis 100% fiber optic di kota dan kabupaten seluruh Indonesia, termasuk di Pulau Lombok sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia.

Di Lombok, Telkom telah membangun 541,16 km fiber optic backbone, 578 BTS Telkomsel, 81 ribu port fiber, baik untuk pelanggan IndiHome, enterprise, maupun pemerintah serta 1.448 access point.

“Telkom telah bekerjasama dengan Pemda dengan menyediakan e-Puskesmas di 77 titik mencakup Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Mataram, Command Center Polda NTB, WiFi di 100 titik, dan SIAP Online. Kami berharap kedepannya semakin banyak lagi kerja sama dan sinergi yang dapat dibangun, baik dengan Pemerintah, BUMN maupun sektor swasta serta enterprise,”harapnya.

Dikatakan Zulhelfi, sejak beberapa tahun terakhir, Telkom rajin melakukan tranformasi, ataupun penggelaran infrastruktur berbasis fiber optic. 

Baca juga : Firli: Pencegahan Korupsi Bisa Selamatkan Keuangan Negara Lebih Banyak

Program yang dinamakan Modern Broadband City ini telah terealisasi di sebanyak 218 Modern Broadband City dan 8 Modern Province.

“Pada era digital saat ini, tergelarnya infrastruktur 100% fiber optic tersebut, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan broadband berkualitas, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan digital yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Tersedianya, infrastruktur digital yang berkualitas dan handal di NTB khususnya Lombok diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi lokal, regional, dan nasional daerah tersebut demi mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia. [FIK] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.