Dark/Light Mode

Suara Azan (2)

Senin, 14 Maret 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Azan juga dilakukan dua kali pada waktu subuh. Sekali sebelum subuh untuk mengingatkan orang yang tidur untuk bangun dan bersiap menunaikan shalat subuh. Lalu azan kedua, setelah waktu subuh masuk. Ini penting, terutama bagi yang bertetanggaan dengan mesjid. Kata Rasulullah Saw: “Tidak ada shalat (fardlu) bagi yang bertetangga dengan mesjid, kecuali dengan melaksanakannya di mesjid.”

Baca juga : Suara Azan (1)

Mungkin yang perlu mendapatkan perhatian bersama ialah penggunaan pengeras suara yang berlebihan dalam menyampaikan suara azan. Arti azan ialah memperdengarkan atau menyampaikan, yakni menyatakan waktunya untuk shalat lima waktu bagi umat Islam.

Baca juga : Taskhir (2)

Bagi umat Islam, tentu tidak terusik dengan suara azan. Namun umat lain yang non-muslim, mungkin berbeda. Di antara mereka, kasus terjadi di salah satu wilayah di Sumatera, ketika seorang ibu rumah tangga yang non-muslim merasa terusik dan keberatan, jika suara azan terlalu keras. Puncaknya, dia menegur pengurus mesjid dengan nada tinggi, yang akhirnya dengan diperkarakannya perempuan yang bersangkutan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.