Dark/Light Mode

Siapa Kelompok Radikal Itu?(3)

Kamis, 7 Oktober 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Modus operandi kelompok ini sangat kaya dengan berba­gai ide. Kelompok radikal Islam biasan­ya dilakukan dengan beberapa modus, per­tama, mengambil alih dan melibatkan diri di dalam pengelolaan mesjid. Pada awalnya mengambil simpati jamaah dengan rajin membersihkan mesjid. Pada satu saat waktu shalat masuk, sang muazzin be­lum datang maka ia mengumandangkan azan dengan suara yang relatif bagus. Suatu saat imam rawatib berhalangan maka ia maju ke depan menjadi imam.

Baca juga : Siapa Kelompok Radikal Itu?(1)

Saat lain khatib Jum’at berhalangan ia dipersilahkan naik ke mimbar untuk khutbah. Memang ia sudah siap untuk khutbah dan khutbahnya sudah lama dipersiapkan. Akhirnya masyarakat dan jamaah mesjid bersimpati dengan­nya kemudian pada saatnya ia diangkat menjadi pengurus mesjid atau modin mesjid dengan berbagai kewenangan yang dimilikinya.

Baca juga : Memaknai Kebebasan Beragama (2)

Sebagai aktifis mesjid, maka masyarakat memberikan urusan spiritualitasnya kepada tokoh spiritual ini. Mereka sering mengguna­kan mesjid dan mushalah sebagai basis perjuangan. [Bersambung]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.